Yamaha

7 Rempah Terbaik untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh Selama Wabah

  Jumat, 03 April 2020   Vina Elvira
Ilustrasi rempah-rempah. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Memiliki kekebalan tubuh yang baik sangat penting untuk memerangi penularan virus corona. Seseorang dapat secara alami kebal terhadap serangan penyakit dengan kekebalan tubuhnya yang kuat. 

Menjadi kebal terhadap penyakit tertentu berarti produksi antibodi untuk virus tertentu. Dalam kasus Covid-19, jutaan orang telah terinfeksi tetapi sejumlah besar orang juga pulih karena kekebalan tubuh mereka yang kuat.

Cara terbaik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, adalah melalui konsumsi ramuan yang alami. Ada beberapa ramuan alami dari bahan rempah dapur yang sangat efektif dalam memerangi patogen yaitu  mikroorganisme seperti bakteri, virus, dan jamur yang dapat menyebabkan penyakit. 

Melansir dari Boldsky, Rabu (1/4/2020) berikut 7 ramuan alami guna meningkatkan kekebalan tubuh seseorang: 

1. Bawang putih 

Bawang putih sangat penting untuk menjaga homeostasis sistem kekebalan tubuh. Guna merangsang produksi darah putih yang bertindak sebagai pembunuh alami untuk patogen. 

Bawang putih juga membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh karena keberadaan senyawa imunoregulatif. 

Siapkan 1 sampai 2 siung bawang putih dan segelas air hangat. Minum setiap hari dalam keadaan perut kosong. Juga, cobalah tambahkan bawang putih ke dalam asupan sehari-hari Anda.

2. Kunyit 

Kurkumin dalam kunyit memiliki sifat antiinflamasi, antimikroba, dan imunomodulator. 

Kunyit dapat membantu melawan flu musiman dan memperbaiki gejala pilek dan batuk. 

Menurut sebuah penelitian, kurkumin berguna untuk mengurangi peradanga  pada paru-paru dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Siapkan teh dengan mencampurkan kunyit, jahe segar, dan air perasan lemon. Minumlah dua kali sehari. Juga, tambahkan ke dalam makanan Anda.

3. Jahe 

Ramuan kuno ini membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan peradangan paru-paru. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak jahe dapat menunda pneumonia dan sindrom gangguan pernapasan pada orang dewasa. 

Jahe juga membantu melawan dingin dan batuk dengan meningkatkan produksi sel-T. 

Siapkan teh jahe dengan air hangat, dan tambahkan madu ke dalamnya. Minumlah dua kali sehari. 

4. Kayu manis 

Rempah yang satu ini merupakan sumber senyawa antioksidan yang bagus. Kayu manis bertindak sebagai stimulator kekebalan tubuh dan menangkal penyakit pilek, batuk dan radang.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak polifenol kayu manis mengatur fungsi kekebalan tubuh dan melawan mikroorganisme. 

Campurkan madu dan bubuk kayu manis dalam segelas air hangat dan minumlah pada pagi hari.

5. Bawang bombay 

Bawang ini mengandung banyak senyawa penambah kekebalan tubuh seperti vitamin C, selenium dan seng. 

Bawang bombay mengandung flavonoid yang disebut quercetin yang merupakan antioksidan yang sangat kuat. Quercetin dikenal karena sifat antivirus dan anti-inflamasinya yang membantu meningkatkan respon sistem kekebalan tubuh terhadap patogen.

Rendam beberapa irisan bawang bombay dalam air selama sekitar 7 sampai 8 jam. Minum 3 sampai 4 sendok makan ramuan tersebut, sebanyak tiga kali sehari. Juga, masukkan bawang bombay saat memasak makanan.

6. Cengkeh 

Cengkeh sudah sejak lama digunakan sebagai ramuan tradisional untuk mengobati beberapa penyakit. 

Sebuah penelitian mengatakan bahwa cengkeh bisa meningkatkan respons imun humoral yang membantu mengikat virus dan bakteri serra menetralkannya. 

Sifat anti-inflamasi pada cengkeh juga membantu mengurangi peradangan paru-paru. 

Minumlah teh cengkeh dengan merebus 4 sampai 5 siung dalam air. Juga, tambahkan cengkeh ke hidangan penutup dan kari Anda.

7. Oregano 

Oregano memiliki sifat antijamur, antibakteri dan imunomodulasi. Menurut sebuah penelitian, oregano bisa meningkatkan kesehatan dan kinerja seseorang dengan merangsang produksi fenotip sel-t dan meningkatkan jumlah darah putih dan merah. 

Oregano juga membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh patogen. 

Campurkan 1 sampai 3 tetes minyak oregano ke dalam air hangat.  Minum atau berkumurlah dengan ramuan tersebut. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE