Yamaha

4 Buah Ini Sangat Baik Dikonsumsi oleh Ibu Hamil

  Kamis, 02 April 2020   Vina Elvira
Ilustrasi (pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Makanan, merupakan kebutuhan utama bagi seluruh umat manusia. Terutama bagi para ibu hamil, penting bagi calon ibu untuk mengonsumsi makanan yang sehat demi pertumbuhan sang jabang bayi.

Asupan makanan yang Anda pilih, akan memengaruhi kesehatan Anda dan bayi yang sedang tumbuh di dalam rahim.

Salah satu jenis makanan yang baik dikonsumsi selama kehamilan adalah buah-buahan. Hal tersebut disebabkan karena ibu hamil, membutuhkan nutrisi untuk perkembangan janin yang optimal.

Walaupun sebagian besar jenia buah pada umumnya baik untuk ibu hamil, ada buah-buahan tertentu yang sangat dianjurkan dikonsumsi selama masa kehamilan.

Melansir dari Boldsky, Rabu (1/4/2020) berikut 5 buah terbaik untuk dikonsumsi ibu hamil:

1. Apel

Mengandung banyak nutrisi, apel terbukti bermanfaat bagi wanita hamil. Selain kaya akan Vitamin A dan C, apel juga merupakan sumber potasium dan serat yang baik.

AYO BACA : Tak Usah Panik, Ini Tip Bagi Ibu Hendak Bersalin di Tengah Wabah Corona

Penelitian telah mengungkapkan hubungan yang menguntungkan antara konsumsi apel selama kehamilan dan asma pada anak-anak mereka saat berusia lima tahun.

Flavonoid dalam apel adalah senyawa polifenol yang memiliki kapasitas antioksidan yang berhubungan dengan penurunan risiko asma.

2. Pisang

Kaya akan vitamin dan mineral, pisang dianggap sebagai buah yang ideal untuk dikonsumsi selama kehamilan.

Kekurangan zat besi adalah salah satu keluhan yang paling umum ditemukan pada ihu hamil. Pisang telah terbukti baik dalam meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh. Pisang juga membantu meredakan muntah dan mual yang dialami selama kehamilan.

Asam folat dalam pisang juga baik untuk bayi, guna mengurangi risiko cacat lahir, serta menurunkan kemungkinan bayi lahir prematur.

Pisang juga merangsang napsu makan pada ibu hamil yang umumnya cenderung merasakan keengganan terhadap makanan selama masa kehamilan.

AYO BACA : 4 Minuman Ini Sangat Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

3. Jeruk

Jeruk adalah salah satu buah yang paling sering dikonsumsi selama kehamilan.

Baik itu konsumsi buahnya langsung utuh ataupun dalam bentuk jus, jeruk sangat direkomendasikan untuk ibu hamil.

Namun, upayakan jus jeruknya itu tetap alami yang Anda buat sendiri di rumah. Sebab, jus jeruk instan umumnya mengandung bahan pengawet yang tidak baik untuk pertumbuhan janin.

Jeruk baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Jeruk juga dapat membantu perkembangan otak janin, serta bagus untuk menjaga tekanan darah Anda selama masa kehamilan.

4. Delima

Delima mengandung polifenol tinggi di antara semua suplemen makanan yang tersedia di pasaran.

Penelitian telah menemukan bahwa konsumsi buah delima selama kehamilan, telah membantu dalam perlindungan saraf bayi. Delima juga kaya akan vitamin K, zat besi, serat, protein, dan kalsium.

AYO BACA : Bahaya untuk Janin, 5 Jenis Minuman Ini Harus Dihindari Ibu Hamil

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE