Yamaha

Virus Corona Covid-19 Bisa Menembus Plasenta Janin

  Kamis, 02 April 2020
Ilustrasi bayi. (Shutterstock)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Wabah virus corona Covid-19 sempat dianggap tidak akan berdampak pada bayi yang baru lahir. Namun tiga studi baru menunjukkan bahwa virus ini bisa mencapai janin di dalam rahim.

Sebuah studi telah mengatakan bahwa virus corona Covid-19 hanya berdampak sedikit pada bayi baru lahir. Karena, virus corona Covid-19 ini tidak bisa menembus plasenta yang melindungi janin

AYO BACA : Begini Cara Mendeteksi Bayi Tuli

"Saya tidak melihat virus corona Covid-19 bisa menembus atau melintasi plasenta," kata Dr. Carolyn dari University of Pittsburgh yang mempelajari tentang plasenta sebagai penghalang virus dikutip dari New York Times.

Meski begitu, penelitian ini perlu jadi perhatian. Jika, virus bisa menembus plasenta. Kondisi ini bisa menimbulkan risiko bagi janin pada awal kehamilan. Karena, kondisi otak janin lebih rentan di awal kehamilan.

AYO BACA : Tak Bahaya Membiarkan Bayi Menangis

Di sisi lain, wanita hamil lebih rentan terhadap infeksi pernapasan, seperti influenza dan berisiko mengalami komplikasi pada dirinya sendiri maupun bayinya.

Namun, dr. Christina Chambers, seorang ahli epidemiologi perinatal di University of California di San Diego masih belum yakin kalau wanita hamil lebih rentan terinfeksi virus corona Covid-19 atau tidak.

"Kami sama sekali tidak memiliki pengetahuan tentang ibu hamil lebih rentan terinfeksi virus corona Covid-19 atau tidak," jelas Christina Chambers yang juga tidak tahu efek virus pada janin.

Plasenta biasanya menghalangi virus dan bakteri berbahaya yang bisa mencapai janin. Karena itu, antibodi bermanfaat dari ibu bisa menjaga janin dari kuman dan virus apapun, sebelum dan sesudah kelahiran.

AYO BACA : Benarkah Berjemur di Bawah Sinar Matahari Bisa Usir Virus?

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE