Yamaha

Ini 5 Manfaat Baking Soda untuk Kecantikan

  Selasa, 31 Maret 2020
Ilustrasi. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Baking soda atau soda kue ternyata memiliki sejumlah manfaat lain, salah satunya untuk kecantikan.

Dilansir dari Everyday Health, Selasa (31/3/2020), berikut 5 manfaat lain baking soda untuk kecantikan:

1. Hilangkan kulit mati

Baking soda dapat berfungsi menghilangkan kulit mati jika digosokkan secara halus pada bagian kulit mati. Cukup mudah untuk membua 'ramuan' baking soda sebagai pelembut kulit. Hal yang perlu diperlukan yaitu percampuran baking soda dan air dengan perbandingan 3:1.

2. Membersihkan rambut

Kegunaan lain dari bubuk ajaib baking soda ialah dapat membersihkan rambut dengan lebih baik. Untuk menyulap baking soda sebagai pembersih rambut, campurkan satu sendok makan baking soda dengan seperempat cangkir tepung garut atau arrowroot flour dan satu tetes minyak esensial lavender.

Sapukan campuran ke akar rambut dengan kuas secara merata. Setelahnya, tepung garut akan menyerap minyak pada akar rambut dan baking soda menyerap minyak sekaligus bau pada rambut.

3. Rendaman kaki

Baking soda juga dapat berfungsi sebagai campuran rendaman kaki, untuk membuat kaki menjadi lebih segar setelah tertutup rapat seharian. Yang perlu dilakukan ialah mencampurkan tiga sendok makan baking soda dengan satu baskom air hangat dan juga irisan lemon. Rendam kaki selama 10-15 menit untuk mendapatkan kaki yang lebih segar dan bersih.

4. Putihkan gigi

Pemutihan gigi tak jarang merogok kocek yang cukup dalam. Terlebih kandungan hidrogen peroksida dalam produk pemutih gigi dapat menyebabkan gigi sensitif. Baking soda dapat menjadi alternatif alami yang dapat membantu memutihkan gigi dengan lebih aman. Caranya, cukup basahkan sikat gigi dan taburkan baking soda di atas sikat gigi. Sikat dan bersihkan gigi dengan air untuk membersihkan noda yang menempel di gigi.

5. Mengatasi kulit terbakar sinar matahari

Baking soda juga berguna untuk meringankan kulit yang terbakar sinar matahari. Yang perlu dilakukan ialah mencampurkan empat sendok makan baking soda dengan satu kuart air. Basahkan handuk dengan campuran tersebut dan kompres bekas luka bakar akibat sinar matahari dengan campuran tersebut.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Republika.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE