Yamaha

Tip Aman Berkendara Saat Pandemi Corona Covid-19

  Kamis, 26 Maret 2020
[Ilustrasi] Berkendara. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Ada sejumlah cara agar Anda mengurangi risiko terjangkit virus corona Covid-19 saat berkendara.

1. Cuci tangan

Langkah pertama adalah dengan membersihkan tangan sebelum dan sesudah mengemudi. Tangan merupakan bagian dari anggota tubuh yang sering bersentuhan dengan kuman dan termasuk menjadi media perantara berpindahnya virus corona.

“Menjaga kebersihan tangan sebelum dan sesudah menyetir mobil merupakan hal yang penting untuk menghindari potensi tertular penyakit. Jangan lupa untuk membawa masker dan menggunakannya ketika merasa sakit seperti demam, pilek, dan batuk. Apalagi kabin mobil merupakan area tertutup dengan sistem sirkulasi AC yang juga hanya berputar di dalam mobil,” ujar Aftersales Division Head Auto2000 Ricky Martawijaya.

2. Hand Sanitizier

Ricky Martawijaya sangat menyarankan untuk selalu membawa hand sanitizier. Sangat disarankan untuk selalu menggunakan cairan itu sebelum masuk dan setelah keluar mobil. Supaya memudahkan dan tetap bisa dibawa keluar mobil, sediakan hand sanitizer dalam kemasan 60 hingga 100 mililiter.

3. Bersihkan Kabin Mobil

Ricky juga menyarankan untuk selalu membersihkan kabin mobil. Mengingat, corona bisa ditularkan melalui percikan air liur yang tersebar melalui batuk atau bersin oleh orang yang terinfeksi virus ini. Alhasil, wajib hukumnya bagi pengendara untuk membuat kabin mobil selalu bersih.

“Sediakan cairan interior cleaner yang banyak dijual di toko online atau toko aksesoris mobil. Untuk bahan kulit bisa menggunakan leather cleaner. Aplikasikan setiap pagi sebelum mengemudi,” kata dia.

4. Semprotkan Antibakteri

pengendara perlu menyemprotkan antibakteri ke dalam kabin mobil, terutama bagian yang sering tersentuh seperti setir, pintu, tuas transmisi, konsol tengah, serta kontrol AC dan audio di tengah dashboard. Beberapa antibakteri kini pun dilengkapi pewangi yang membuat suasana kabin jadi terasa lebih segar dan nyaman.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Republika.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar