Yamaha

Jaga Kesehatan Jantung dengan Rutin Konsumsi Tahu

  Kamis, 26 Maret 2020   Vina Elvira
Ilustrasi -- Pedagang sedang menggoreng tahu. (dok. Ayobandung.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Tahu merupakan sumber protein yang baik bagi vegetarian. Pada umumnya, tahu bebas dari kandungan gluten, dengan jumlah zat besi dan kalsium yang optimal. 

Sebuah penelitian baru-baru ini menyoroti manfaat mengonsumsi tahu untuk meningkatkan kesehatan jantung.

AYO BACA : Kurangi Risiko Penyakit, Yuk Jalan Kaki 2.100 Langkah Sehari

Melansir dari Doctor.ndtv, Selasa (24/3/2020) dijelaskan bahwa mengonsumsi tahu setiap hari akan memberikan fungsi jantung yang lebih sehat dan mengurangi risiko terjangkit penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena tahu mengandung jumlah isoflavon yang tinggi.

Isoflavon adalah jenis polifenol yang ditemukan dalam kacang-kacangan, termasuk kacang kedelai, buncis, kacang tanah, serta buah-buahan, dan kacang-kacangan lainnya. Kacang kedelai, merupakan sumber isoflavon terkaya yang baik untuk kesehatan jantung.

AYO BACA : Jantung Sering Berdebar Setelah Makan, Apakah Berbahaya?

Lebih lanjut, dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa mengonsumsi tahu lebih dari sekali seminggu dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. 

"18% lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang makan tahu kurang dari sebulan sekali," tertulis dalam artikel doctor.ndtv.

Bukan hanya kesehatan jantung yang lebih baik, tahu juga menawarkan manfaat kesehatan lainnya seperti, sumber protein yang baik untuk vegetarian yang juga dapat membantu penurunan berat badan.

Tahu juga dapat membantu menjaga kadar kolesterol sehat dan melawan kolesterol jahat. Serta dapat membantu mengurangi risiko diabetes

Tahu juga merupakan  sumber kalsium yang baik, dan dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang. Terakhir, tahu juga dapat membantu meningkatkan kesehatan ginjal.

AYO BACA : Orang Berpenyakit Jantung Rentan Terkena Corona Covid-19, Benarkah?

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar