Yamaha

Ikuti Musda Karawang, Anggota Senior Hipmi Jabar Jalani Rapid Test

  Rabu, 25 Maret 2020   Dadi Haryadi
Sejumlah anggota senior Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jawa Barat menjalani rapid test untuk menyikapi anjuran Gubenur Jawa Barat terkait adanya dugaan Musda Hipmi Jabar di Karawang sebagai salah satu hub penyebaran Covid-19. (ist)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Sejumlah anggota senior Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jawa Barat menjalani rapid test untuk menyikapi anjuran Gubenur Jawa Barat terkait adanya dugaan Musda Hipmi Jabar di Karawang sebagai salah satu hub penyebaran Covid-19.

Rapid test massal tahap 1 tersebut diikuti oleh 25 anggota senior Hipmi Jabar dan dilaksanakan di salah satu kediaman anggota Hipmi Jabar di kawasan LLRE Martadinata Riau, Kota Bandung, Rabu (25/3/2020).

Ketua Umum BPD Hipmi Jabar Surya Batara Kartika menjelaskan, Pemprov Jabar memberikan 25 unit alat rapid test. Untuk tahap awal pengetesan, memang sengaja diperuntukkan untuk para anggota senior dulu.

AYO BACA : Hadiri Musda Hipmi Karawang, KNPI KBB Pantau 10 Anggotanya

"Untuk tahap pertama ini diprioritaskan bagi para senior Hipmi Jabar, dengan pertimbangan sebagai kelompok yang secara empirik terbukti lebih sensitif terhadap paparan virus ini," katanya.

Hasil tes itu, katanya, menunjukkan hasil negatif dari Covid-19 untuk semua anggota yang diperiksa. Meski tak bisa memastikan, Surya optimis sebagian besar keluarga Hipmi Jabar yang hadir pada musda bisa sehat.

"Optimisme ini didukung pula dengan adanya hasil survey online yang telah diedarkan sejak tanggal 17 Maret lalu, yang berisikan self diagnose seluruh peserta Musda Karawang, yang menyatakan hampir 80% peserta Musda merasa sehat tanpa gejala, dan hanya sebagian kecil yang mengalami batuk flu ringan," ujarnya.

AYO BACA : 8 Peserta Musda HIPMI Jabar Jadi ODP Covid-19 di Purwakarta

Dia menilai, hasil itu cukup valid mengingat per hari ini telah menyentuh 14 hari pascaacara musda sehingga dapat dianggap telah melewati masa observasi. Walaupun begitu, mereka tetap diimbau menjalani isolasi mandiri hingga dilakukannya test Covid-19.
 
Surya mengatakan, untuk selanjutnya, rapid test massal untuk peserta Musda Karawang yang berasal dari Badan Pengurus Cabang Hipmi se-Jabar juga akan dilakukan.

"Adapun detail teknis terkait test sedang disusun oleh pihak Hipmi Jabar, yang pasti akan bertahap, dan mempertimbangkan prosedur keamanan seperti menghindari kerumunan massa, serta mengutamakan penggunaan tempat terbuka," katanya.

Namun demikian, Surya juga menyarankan agar setiap anggotanya menghubungi dinkes di kota/kab masing-masing untuk mengajukan prioritas pengetesan anggota Hipmi peserta Musda Karawang yang berstatus ODP.

"Prinsipnya adalah semakin cepat di-test semakin baik untuk menghindari potensi penyebaran wabah Covid-19," katanya.

AYO BACA : Ridwan Kamil: Tiga Kepala Daerah di Jabar Positif Covid-19

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE