Yamaha

Antisipasi Corona, Warga Tasikmalaya Diimbau Tunda Bepergian

  Rabu, 25 Maret 2020   Irpan Wahab Muslim
Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto. (dok. Pemkab Tasikmalaya)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Sedikitnya 11 warga Kabupaten Tasikmalaya ditetapkan sebagai Orang Dalam Pantauan (ODP) dan 3 orang sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Hal tersebut membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tasikmalaya terus melakukan upaya pencegahan.

Salah satu upayanya adalah dengan meminta warga untuk menunda perjalanan ke luar daerah. Hal itu tertuang dalam surat edaran Bupati Tasikmalaya nomor 9 tahun 2020.

Dalam edaran itu, masyarakat Tasikmalaya juga diminta menunda acara yang melibatkan banyak orang, menjaga agar rumah tetap bersih, segera mencuci pakaian yang dipakai setelah bepergian, tidak keluar rumah, dan membatasi kontak dengan orang lainnya dengan menggunakan masker.

AYO BACA : Datang dari Jakarta, Satu WNA di Tasikmalaya Dinyatakan Bebas Covid-19

Imbauan lainnya yakni memeriksakan segera ke pelayanan kesehatan jika merasakan gejala flu, batuk, demam, dan sakit tenggorokan. Sedangkan untuk kegiatan keagamaan, harus ada petugas kesehatan yang memeriksa orang orang yang mengikuti kegiatan dan kegiatan dilaksanakan sebatas lingkungan masing-masing dan dipersingkat.

Imbauan terakhir yakni untuk segera melapor kepada pihak RT, RW dan Desa jika kedatangan tamu atau warga yang baru datang dari luar kota atau luar negeri.

"Imbauan itu dikeluarkan mengingat kondisi saat ini, kita berupaya menekan risiko penularan Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya, " kata Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto melalui rilis yang diterima Ayotasik.com, Rabu (25/3/2020).

AYO BACA : Jas Hujan Jadi APD Petugas Medis di Tasikmalaya

weyh3y321y6

Bukan hanya untuk masyarakat luas, imbauan juga ditujukan kepada petugas kepolisian, petugas Dinas Perhubungan, petugas kesehatan, dan pihak terkait. Mereka diminta melakukan pemeriksaan penumpang sebelum bus masuk ke terminal atau tempat wisata.

Sedangkan untuk di lingkungan pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya, Ade mengimbau adanya pembersihan lingkungan secara serempak dan sterilisasi dengan disinfektan. Pemkab perlu menyediakan tempat cuci tangan beserta sabun dipintu masuk, membatasi keluar masuk orang, dan membatasi jumlah dan waktu kunjungan tamu.

 

Catatan Redaksi: 
Bila Anda merasakan gejala awal Covid-19, untuk memastikannya atau untuk mengetahui informasi perihal virus ini bisa mengakses nomor hotline Dinas Kesehatan Jabar di 0811-2093-306 atau Emergency Kesehatan: 119.

AYO BACA : Satu PDP Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya Meninggal Dunia

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar