Yamaha

Pemkab Bekasi Resmi Tunda Pelaksanaan Pilkades Serentak

  Selasa, 24 Maret 2020   Firda Puri Agustine
Ilustrasi. (Ayobandung.com/Attia Dwi Pinasti)

BEKASI, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kabupaten Bekasi menunda penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2020 akibat semakin mewabahnya virus Corona.

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja mengatakan, pelaksanaan pemungutan suara yang rencananya akan diselenggarakan pada 19 April 2020 mendatang terpaksa ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan.

AYO BACA : Tes Covid-19 di Bekasi Lewat Door to Door

“Karena pelaksanaan Pilkades salah satunya pasti mengumpulkan massa, jelas itu sangat berbahaya. Orang yang hadir sebagai hak pilih bisa saja mereka terpapar virus corona, maka alangkah lebih baiknya kita tunda dulu,” kata Eka dalam keterangannya, Senin (23/3/2020).

Dia menyebut pihaknya tengah berupaya menekan laju penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bekasi dimana pelaksanaan kepala desa bisa menjadi salah satu celah yang bisa membahayakan masyarakat.

AYO BACA : Rapid Test Covid-19 di Bekasi Ditunda

“Tidak mungkin pelaksanaan Pilkades akan kita lakukan sesuai rencana karena kondisi saat ini yang memang tidak memungkinkan. Kita harus menunggu perkembangan virus Covid-19 sampai bulan Mei,” ujarnya.

Eka juga mengimbau kepada calon kepala desa (Cakades) agar tidak melakukan kampanye terbuka untuk meminimalisasi sekaligus upaya menekan laju penyebaran Covid-19.

Hal senada juga disampaikan Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Hendra Gunawan. Dia meminta agar para cakades tidak mengerahkan massa.

“Ini sesuai intruksi Bupati demi mencegah dan mengantisipasi penyebaran virus Corona. Intinya kita berharap masyarakat sudah bisa mengerti jika kalau sudah diimbau, ya jangan dilakukan,” katanya.

Sebagai informasi, Pemerintah Kabupaten Bekasi tengah melaksanakan tahapan Pilkades untuk 16 Desa yang tersebar di 11 Kecamatan dengan diikuti 58 orang cakades.

AYO BACA : 3 Kriteria yang Diprioritaskan Ikut Rapid Test Covid-19 di Bekasi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar