Yamaha

Tes Covid-19 di Bekasi Lewat Door to Door

  Senin, 23 Maret 2020   Firda Puri Agustine
Ilustrasi -- Tes Covid-19. (pixabay)

BEKASI, AYOBANDUNG.COM -- Mekanisme pelaksanaan rapid test Covid-19 di Kota Bekasi akan diubah dari yang tadinya bersifat massal di Stadion Patriot Candrabaga menjadi door to door atau petugas mendatangi langsung rumah ke rumah.

Ketua Satuan Tugas Darurat Penanggulangan Bencana Covid-19 Kota Bekasi sekaligus Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono menjelaskan bahwa pihaknya saat ini sedang melakukan evaluasi terkait perubahan metode itu.

“Kami sedang evaluasi terus bagaimana agar prosesnya berjalan efektif dan tidak terjadi pengumpulan massa,” kata Tri melalui pesan singkat, Senin (23/3/2020).

Lebih lanjut dia memaparkan, sedikitnya ada enam kriteria orang yang bisa mengikuti rapid test ini. Pertama, Orang Dalam Pemantauan (ODP) beserta 50 orang terdekat yang memiliki riwayat interaksi. Kedua, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) beserta 50 orang terdekat yang memiliki riwayat interaksi.

AYO BACA : Tes Masal Covid-19 Jabar Dimulai Rabu, Ini Kriteria Pesertanya

“Kemudian 50 orang terdekat pasien positif Covid-19 yang pernah berinteraksi, lalu tenaga medis yang menangani pasien Covid-19, dan profesi-profesi yang sering berinteraksi dengan masyarakat seperti pemuka agama, lurah, camat,” ujarnya.

Tri juga mengimbau pada warga yang merasa bagian dari kategori tersebut dan memiliki gejala, bisa segera melaporkan diri ke puskesmas terdekat untuk bisa dapat rujukan dan daftar rapid test ini.

“Saya juga pesan supaya tetap jaga kesehatan. Tetap di rumah. Sayangi diri sendiri dan keluarga,” katanya.

Adapun pelaksanaan rapid test Covid-19 yang tadinya dilakukan Selasa (24/3/2020) besok ditunda hingga segala peralatannya tersedia di Kota Bekasi. Begitupun dengan kesiapan pengubahan metode menjadi door to door.

AYO BACA : Tes Massif Corona di Si Jalak Harupat, Pemkab Bandung Tunggu Instruksi Pemprov Jabar

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar