Yamaha

Cara Salam Alternatif untuk Cegah Corona Sesuai Anjuran WHO

  Kamis, 19 Maret 2020   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Cara salam alternatif untuk mencegah virus Corona Covid-19 sesuai anjuran WHO. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Direktur Jenderal WHO Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus menganjurkan cara salam alternatif untuk mencegah virus corona Covid-19 dengan tidak salam siku.

Menurut Tedros, salam siku bisa membuat orang-orang berinteraksi dengan jarak yang sangat dekat, atau kurang dari 1 meter. Karena itu, risiko penularan virus corona pun terbuka.

"Ketika menyapa orang, sebaiknya hindari salam siku, karena itu akan menempatkan Anda dalam jarak kurang dari satu meter dari orang lain," kata Tedros dilansir New York Post, Sabtu (14/3/2020).

Virus corona Covid-19 bisa menular karena adanya kontak fisik, terutama tangan.

TEDROS

Tangkapan layar twet Direktur Jenderal WHO Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus mengenai salam alternatif untuk mencegah terjangkit virus corona Covid-19. (Twitter)

Dalam twetnya di Twitter, Tedros mengungkap bahwa meletakkan tangan di dada merupakan alternatif “salam corona”.

AYO BACA : Cara Membuat Hand Sanitizer Sesuai Standar WHO untuk Cegah Corona

"Aku sering meletakkan tanganku di dada ketika menyapa orang-orang belakangan ini," tulis Tedros.

woke
Gejala dan cara mencegah virus corona Covid-19. (Ayobandung.com/Attia Dwi Pinasti)

Di sisi lain, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun menyarankan hal serupa dengan istilah salam khas Orang Sunda untuk mencegah penularan wabah virus corona atau Covid-19.

"Terakhir kami menyepakati, di Jawa Barat itu salamannya begini saja (merapatkan kedua telapak tangan sambil didekatkan dekat dagu dan mengangguk)," kata Ridwan Kamil seusai Rakor Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 bersama DPRD Jabar di Gedung Sate Bandung, Jumat (13/3/2020), dikutip dari Republika.co.id.

Orang nomor satu di Provinsi Jawa Barat ini mengatakan, virus corona bisa menular melalui kontak fisik secara langsung dengan cara berjabat tangan saat bersalaman.

"Karena penyebaran virus ini dari bersin, batuk dan bersalaman jabat tangan. Setelah salaman terus memegang muka masing-masing maka virus itu masuk," kata dia.

Covid-19 telah menjadi pandemi global. Virus ini telah menyebar ke 173 negara.

AYO BACA : 5 Cara Mencegah Virus Corona Covid-19 yang Keliru

Pada Kamis (19/3/2020) pukul 00.29 GMT, Worldometers mencatat sudah ada 218.768 kasus infeksi Covid-19 di seluruh dunia. Pasien meninggal akibat virus ini sudah 8.944 orang. Namun, 84.386 orang telah dinyatakan sembuh.

**

Ketahui pula cara membuat hand sanitizercara membuat masker virus corona, berbagai berita cara mencegah virus corona Covid-19, dan hoaks virus corona Covid-19.

Untuk mengetahui asal-usul virus corona atau latar belakang virus corona disebut Pandemi bisa dibaca di sini.

Untuk mengetahui bentuk virus corona Covid-19, gambar virus corona, atau wujud virus corona Covid-19 klik ini.

Untuk mengetahui pengertian lockdown dan berbagai berita tentang lockdown, bisa diakses di sini.

Catatan Redaksi:

Bila Anda merasakan gejala awal Covid-19, untuk memastikannya atau untuk mengetahui informasi perihal virus ini bisa mengakses nomor hotline Dinas Kesehatan Jabar di 0811-2093-306 atau Emergency Kesehatan: 119.

AYO BACA : Ini Bentuk Virus Corona Jika Diperbesar 2600 Kali?

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE