Yamaha

Cina Sebut Jepang Kembangkan Obat untuk Lawan Covid-19

  Rabu, 18 Maret 2020   Rizma Riyandi
Ilustrasi (suara.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Cina mengatakan, saat ini ada obat flu yang dikembangkan oleh anggota kelompok Fujifilm Holdings dan efektif melawan virus corona baru.

AYO BACA : Minta Kompetisi Dihentikan untuk Cegah Corona, Pemain Bola Dipecat

Dilansir dari asia.nikkei.com, pemerintah Cina saat ini sudah mulai merekomendasikan penggunaan obat tersebut secara resmi. Fujifilm Toyama Chemical mengembangkan favipiravir yang dijual dengan merek Avigan.

AYO BACA : Ini Manusia Pertama yang Disuntik Vaksin Covid-19

"Ini memiliki tingkat keamanan yang tinggi dan jelas efektif dalam pengobatan," kata Zhang Xinmin, direktur Pusat Nasional China untuk Pengembangan Bioteknologi, dalam konferensi pers, Selasa (16/3/2020).

Fujifilm Toyama Chemical mengembangkan obat ini pada tahun 2014, dan telah diberikan kepada pasien di Jepang sebagai pengobatan untuk virus corona baru sejak Februari. Rabu (17/3/2020), saham Fujifilm Jepang dibuka pada 5.238, meningkat 15% dari penutupan hari sebelumnya di Tokyo.

Adapun Zhejiang Hisun Pharmaceutical menandatangani perjanjian lisensi paten untuk favipiravir dengan Fujifilm pada 2016. Pembuat obat menerima izin untuk memproduksi obat dari otoritas Cina pada Februari dan dapat meningkatkan produksi versi generik.

Uji klinis dilakukan di rumah sakit di Wuhan dan Shenzhen, dengan 200 pasien yang berpartisipasi. Hasil tes untuk mereka yang menerima obat berubah menjadi negatif dalam periode yang lebih pendek. Selain itu gejala pneumonia mereka meningkat pada tingkat yang lebih tinggi.

AYO BACA : Pemerintah Klaim Sedang Kembangkan Alat Pendeteksi Corona

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE