Yamaha

Tip Hindari Stres Virus Corona Selama Social Distancing di Rumah

  Rabu, 18 Maret 2020
[Ilustrasi] Social Distancing di rumah akibat virus corona Covid-19. (Pixabay)

Virus corona Covid-19 yang setiap hari semakin menyebar bisa menyebabkan seseorang stres hingga menurunkan imunitas tubuh.

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Masyarakat menanggapi secara beragam social distancing atau jaga jarak sosial yang diterapkan pemerintah. Salah satunya karena rasa takut 'terkungkung' di dalam rumah atau membatasi interaksi dalam waktu yang cukup lama sehingga membuat stres. Selain itu, stres akan situasi virus tersebut

Agar menjadi lebih positif dalam menjalani social distancing, Veronica Adesla, psikolog dari Personal Growth mengatakan, selalu ada hal yang dapat dinikmati dari kondisi yang berbeda.

"Social distancing dapat membuat kita lebih aware (sadar peka peduli) dengan hal-hal penting berharga bermakna yang seringkali luput dari perhatian kita ketika kita dalam kondisi sibuk di rutinitas keseharian," kata Vero, seperti diberitakan Suara.com, Selasa (17/3/2020).

AYO BACA : Ini Bentuk Virus Corona Jika Diperbesar 2600 Kali?

Seperti misalnya punya waktu lebih untuk mengenal anak-anak, atau menyadari indahnya suasana di rumah saat social distancing, atau malah menyadari harus berbenah rumah.

Selain itu, saat social distancing, kita dapat mengeksplor berbagai hal positif dan kreatif yang dapat dilakukan dalam kondisi ini.

woke

Gejala dan cara mencegah virus corona Covid-19. (Ayobandung.com/Attia Dwi Pinasti)

AYO BACA : Cara Membuat Hand Sanitizer Sesuai Standar WHO untuk Cegah Corona

"Seperti misalnya menata satu tempat di rumah untuk bekerja, membuat jadwal hangout online, belajar hal baru, seperti menggunakan cloud untuk bekerja bersama, dan sebagainya," kata Vero.

Dihubungi terpisah, psikolog klinis dari Sanatorium Dharmawangsa, Liza Marielly Djaprie, mengatakan, tip terbaik saat social distancing adalah menjalani dan mematuhi peraturan apa yang ada sekarang.

"Makin dilawan-awan, makin kesal aja gitu rasanya. Jadi jalanin aja, kita harus belajar untuk lebih fleksibel," kata Liza, Selasa (17/3/2020).

Dia yakin bahwa kondisi sekarang ini tidak semua orang mau, namun Liza menyebut ini adalah kepentingan bernegara, mau tidak mau kita harus bekerja sama.

"Pada akhir hari, kita adalah mahluk sosial. Kita adalah warga negara Indonesia di mana mau nggak mau sebagai mahluk sosial kita harus mematuhi peraturan yang sedang berjalan, saat ini dalam kondisi yang seperti ini," kata dia.

AYO BACA : Tahan Napas 10 Detik Bisa Tes Gejala Corona Covid-19?

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar