Yamaha

[CEK FAKTA] Ini Bentuk Virus Corona Jika Diperbesar 2.600 Kali?

  Selasa, 17 Maret 2020
Unggahan hoaks yang diduga bentuk virus corona padahal kumbang (Turnbackhoax.id)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Beredar video dan tangkapan layar di media sosial, termasuk aplikasi perpesanan WhatsApp, mengenai mahluk hidup yang dianggap wujud dari virus corona Covid-19.

Video berdurasi 2 menit 1 detik itu diunggah pengguna Facebook bernama Ashari Helmy dengan tambahan informasi: "Bentuk virus corona setelah diperbesar 2600x, wallahu a'lam."

Tampak dalam video, sesuatu yang diklaim sebagai potret virus corona itu memiliki bintik-bintik hitam, moncong, dan mata hingga menyerupai sejenis serangga.

Namun, apakah video tersebut dapat dipercaya kebenarannya?

AYO BACA : Wujud Virus Corona Terungkap, Ini Gambarnya!

1

Unggahan hoaks yang diduga virus corona padahal kumbang. (Turnbackhoax.id)

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id, yang dikutip dari Suara.com, Kamis (12/3/2020) video tersebut diketahui bukan potret virus corona melainkan seekor kumbang kecil dari keluarga besar Curculionoidea.

Video itu berasal dari sebuah foto yang pertama kali diunggah 26 Februari 2020 oleh akun Twitter situs web berbahasa Arab, Eheliosworld.com.

AYO BACA : Dokter Ungkap Cara Mencegah Tertular Virus Corona

2

Sumber asli kumbang kecil yang diklaim sebagai virus corona. (Turnbackhoax.id)

Akun itu juga menyertakan informasi dalam bahasa Inggris yang menjelaskan bahwa kumbang tersebut berukuran sangat kecil sekitar 6 milimeter dan gemar memakan gandum, sereal, serta tepung.

Selanjutnya sebuah video dari situs foto Shutterstock juga menampilkan gambar seekor kumbang yang sangat mirip bentuknya dengan yang ada dalam video yang menyesatkan. Keterangan dalam video tersebut menyebutkan bahwa kumbang itu berasal dari Amazon Ekuador dan diambil dari jarak yang sangat dekat.

KESIMPULAN

Video yang diunggah oleh Ashari Helmy sangat menyesatkan karena bukanlah tampilan bentuk virus corona yang diperbesar hingga 2600 kali, melainkan gambar kumbang sangat kecil dari Amazon yang difoto dari jarak dekat.

AYO BACA : Efektifkah Cairan Disinfektan Mencegah Virus Corona Covid-19?

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE