Yamaha

5 Bahaya Kesepian untuk Kesehatan, Ketahui Segera!

  Senin, 16 Maret 2020   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Kesepian. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Jika kesendirian berbuah kesepian, mungkin akan membahayakan kesehatan secara jangka panjang.

"Ada korelasi besar antara kesehatan dan kesepian," kata Norman Abeles, seorang profesor emeritus psikologi di Michigan State University di East Lansing, Michigan, dilansir dari Health.

"Kesendirian itu subyektif dan berhubungan dengan perasaan sendirian. Keterasingan sosial (dipisahkan dari) teman, anggota keluarga, dan jenis dukungan sosial lainnya, dan mungkin lebih objektif," kata dia.

Berikut alasan mengapa kurangnya interaksi sosial yang berdampak pada kesepian dapat memengaruhi kesehatan:

1. Bisa meningkatkan tekanan darah

Menurut National Institute of Aging, orang yang kesepian sering memiliki tingkat tekanan darah sistolik yang lebih tinggi daripada orang yang tidak kesepian.

2. Terkait dengan depresi

"Kesendirian sering dikaitkan dengan perasaan depresi, kesedihan, dan penghindaran terhadap orang lain," kata Abeles. Salah satu tandanya adalah ketika sangat butuh perjuangan untuk menjalani rutinitas harian, mulai dari bangun di pagi hari, membereskan tempat tidur hingga membersihkan rumah. Itu adalah tanda bahwa kesepian Anda mungkin akan merosot ke dalam depresi.

3. Mengganggu tidur

"Tidak bisa tidur sangat umum terkait dengan kesepian," kata Abeles, sebagian karena orang yang kesepian mungkin lebih rentan terhadap kekhawatiran, yang dapat membuat mereka tetap terjaga di malam hari.

4. Meningkatkan level peradangan dalam tubuh

Orang yang lebih sosial cenderung memiliki tingkat interleukin-6 yang lebih rendah, sejenis protein yang telah dikaitkan dengan peradangan penyakit yang berkaitan dengan usia seperti Alzheimer, rheumatoid arthritis, dan beberapa kanker, menurut National Institute of Aging.

5. Membuatmu lebih banyak duduk

Menjadi aktif secara fisik dapat meningkatkan suasana hati, tetapi jika Anda kesepian, Anda mungkin tidak ingin berolahraga, kata Abeles. Ditambah lagi, katanya, orang yang kesepian atau tertekan dapat kehilangan nafsu makan dan tidak makan sebanyak yang pernah mereka makan.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar