Yamaha

Bioskop Kecil di Unpad Tayangkan Film-Film Langka

  Jumat, 13 Maret 2020   Dadi Haryadi
Bioskop kecil bernama IndiCinema Bandung di lantai atas Gedung bale motekar Unpad. (Muhammad Al Iqbal A N)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Tersembunyi di lantai atas Gedung bale motekar Unpad Bandung, terletak sebuah studio Bioskop kecil bernama IndiCinema Bandung yang memutar film-film alternatif yang sulit untuk ditonton. Film-film yang sudah turun layar, film-film tua yang direstorasi, ataupun film dokumenter yang jarang ditayangkan bioskop umum dapat ditonton di ruang alternatif ini.

Ruangan yang dapat menampung 56 penonton itu memiliki fasilitas yang cukup baik dengan AC, sound system yang diletakan tujuh titik, dan kursi yang empuk sehingga suasana menonton terasa nyaman dan kondusif.

Salah satu pengunjung, Cynthia (27), mengaku sudah lebih dari lima kali datang ke bioskop ini karena suasananya yang nyaman. Film-film yang diputar sulit untuk ditemukan di tempat lain.

Robi, Manajer IndiCinema Bandung, menejelaskan bahwa bioskop yang sudah berdiri sejak 9 Desember 2016 didirikan oleh dua orang, Andriansyah dan Ilma Indriasri, yang memiliki visi utama mendirikan bioskop-bioskop di daerah rural dengan pusat utama di Bandung.

“Daerah rural itu ibaratnya daerah yang tidak punya akses utama untuk bioskop apalagi untuk menampung film,” jelas Robi.

Untuk film-filmnya yang ditampilkan seringkali IndiCinema Bandung berkerjasama dengan komunitas film lain seperti bahas sinema dan juga berkomunikasi dengan distributor film alternatif seperti kolektif film.

“Film-film yang diputarkan biasanya kami putuskan berdasarkan apa yang mau disampaikan bulan ini misalnya pada bulan ini temanya perempuan maka dipilihkan film-film yang bertema tersebut dari sisi estetika dan sisi profitnya,” kata Robi.

Film-film yang diputarkan di sini memang film yang tergolong cukup langka, misalnya hasil restorasi film Aladin Tahun 1953, “Om Pius : Ini Rumah Saya, Comes the Sleeping”, dokumenter mengenai permasalahan sosio-politik Papua, dan Tengkorak Hidoep film pertama yang dibuat di Indonesia.

Bioskop ini juga menayangkan film-film Indonesia yang sudah turun layar seperti Dua Garis Biru, Tabula Rasa, dan Kucumbu Tubuh Indahku. Bahkan bioskop ini seringkali penuh satu studio untuk setiap pemutaran Kucumbu Tubuh Indahku. (Muhammad Al Iqbal A N)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE