Yamaha

Bupati Indramayu Nonaktif Supendi Didakwa Terima Suap Rp3,9 Miliar

  Senin, 09 Maret 2020   Vina Elvira
Mantan Bupati Indramayu Supendi didakwa menerima suap Rp3,9 miliar dari pengusaha. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Bupati Indramayu nonaktif Supendi didakwa menerima uang Rp3,9 miliar dari Carsa dan beberapa pengusaha yang menjadi rekanannya di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu. Hal itu disampaikan jaksa dalam sidang perdana di Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Senin (9/3/2020).

AYO BACA : Tersangkut Korupsi, Bupati Indramayu Dinonaktifkan Golkar

"Terdakwa beberapa kali menerima pemberian uang yang totalnya sejumlah Rp3.928.250.000 dari Carsa Es dan beberapa pengusaha atau kontraktor yang menjadi rekanan di lingkungan Pemkab Indramayu," ucap jaksa KPK Kiki Ahmad Yani saat membacakan dakwaan. 

AYO BACA : Bupati Indramayu Kena OTT KPK, Ridwan Kamil: “Saya Sudah Ingatkan”

Uang tersebut, kata jaksa, diduga diberikan agar terdakwa mau memberikan proyek atau paket pekerjaan di lingkungan Pemkab Indramayu, kepada penyuap.

"Uang tersebut diberikan dengan maksud supaya terdakwa selaku Plt Bupati Indramayu dan selaku Bupati Indramayu memberikan proyek atau paket pekerjaan di lingkungan Pemkab Indramayu kepada Carsa Es dan kontraktor atau rekanan yang memberikan uang tersebut," katanya.

Supendi didakwa atas Pasal 12 huruf a Jo pasal 18 UU RI nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dalam dakwaan pertama.  Dan Pasal 12 huruf b dan dakwaan ketiga Pasal 11 dalam dakwaan kedua. 

AYO BACA : KPK: Suap Bupati Indramayu Gunakan Kode "Mangga yang Manis"

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE