Yamaha

5 Cara Mengendalikan Stres dan Marah di Tempat Kerja

  Senin, 09 Maret 2020
[Ilustrasi] Emosi. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Akibat tenggat, target, tuntutan klien, maraton dari meeting ke meeting, sering lembur, belum lagi politik kantor yang seolah tak pernah usai, adalah beberapa pemicu stres di tempat kerja.

Tak jarang, penyebabnya adalah hal-hal di luar kendali Anda. Sesulit apa pun itu, emosi harus selalu bisa dikendalikan. Berikut 5 cara untuk bisa mengontrol dan mengelola emosi sehingga Anda bisa terhindar dari stres.

1. Tingkatkan rasa humor

Agar Anda terhindar dari stres pekerjaan, cobalah membaca buku, menonton tayangan yang menghibur, bermain dengan anak-anak, atau bergaul dengan teman di luar lingkungan pekerjaan. Temukan bahwa dunia ini penuh warna, tidak harus selalu memikirkan pekerjaan.

AYO BACA : 6 Cara Mengontrol Rasa Lapar Berlebihan

2. Gunakan kemampuan komunikasi

Kematangan emosi ditentukan oleh bagaimana cara Anda mengekspresikan dan mengomunikasikan emosi atau kemarahan. Orang yang memiliki emosi matang bisa mengomunikasikan perasaan dengan terbuka dan tenang.

Diam saja ketika ada masalah bukanlah bentuk emosi yang tepat. Setiap orang harus mencari saluran untuk mengeluarkan emosi negatifnya misalnya melalui hobi, kegiatan rekreasi, atau pertemanan.

3. Tenangkan fisik anda

AYO BACA : Ini 5 Tanda Anda Tidak Miliki Ikatan Emosional dengan Pasangan

Menenangkan fisik merupakan salah satu cara agar terhindar dari stres. Ada orang yang senang pada kegiatan fisik yang menenangkan, seperti yoga atau menyepi ke gunung. Kegiatan ini terbukti baik untuk mengembalikan keseimbangan diri dan menenangkan emosi.

Namun, ada orang yang memilih kegiatan olahraga yang lebih aktif, seperti lari, basket, atau renang. Apa pun kegiatan yang dipilih, sama baiknya untuk fisik dan mental.

4. Beradaptasi dengan lingkungan

Perubahan yang harus Anda tingkatkan adalah pola pikir yang positif untuk menghadapi situasi yang memancing emosi. Jika lingkungan tidak bisa diubah, maka Andalah yang dituntut beradaptasi. Dengan begitu, Anda bisa tetap menyesuaikan diri dengan baik dalam berbagai situasi.

5. Asah kemampuan

Makin banyak tantangan dan permasalahan yang dihadapi, makin teruji kemampuan Anda dalam menyelesaikan masalah. Jadi, jangan menghindar dari masalah, namun terbukalah pada berbagai tantangan pekerjaan.

AYO BACA : Diam 60 Detik, Cara Ampuh Mengontrol Emosi

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE