Yamaha

Real Madrid, Politik, dan 'Perang Tak Berujung' Melawan Barcelona

  Jumat, 06 Maret 2020   M. Naufal Hafizh
Perayaan ulang tahun Real Madrid yang ke-118 di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol. (Sumber: en24)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Klub asal Spanyol, Real Madrid, berulang tahun yang ke-118, hari ini, Jumat (6/3/2020). Klub yang berpusat di ibu kota negeri matador tersebut lahir tepat hari ini tahun 1902.

Selama 118 tahun, Real Madrid telah menjadi salah satu klub sepak bola tersukses sepanjang masa.

Terlepas dari kesuksesannya sebagai klub sepak bola, terdapat banyak peristiwa yang mengiringi perjalanan Real Madrid, terutama peristiwa politik. Salah satu yang terbesar adalah persaingannya dengan FC Barcelona yang berasal dari Katalonia. Persaingan bersejarah ini dijuluki “El Clasico.”

Katalonia merupakan wilayah di Spanyol yang ingin memisahkan diri dari Spanyol. Sejak zaman Raja Alfonso XIII, zaman Francisco Franco, hingga saat ini, warga Katalan sudah menjadi “sayap kiri” dari Spanyol. Terakhir pada 2017, warga katalan mengadakan referendum kemerdekaan untuk memisahkan diri dari Spanyol.

Pada abad ke-21, Direksi Real Madrid di bawah Presiden Florentino Perez dipengaruhi politisi dan pengusaha Spanyol. Hal ini semakin menegaskan bahwa Real Madrid masih dan terus mengerahkan pengaruh politik dan menduduki posisi istimewa di Spanyol.

Real Madrid sejak dulu dianggap sebagai wakil dari pihak pemerintahan, yang merupakan musuh dari warga katalan. FC Barcelona yang merupakan simbol Katalan secara terbuka menentang Madrid yang berbasis pemerintah. Hal ini seperti dilansir dari Jurnalis Jimmy Burns yang diwawancara oleh Al-Jazeera, Jumat (6/3/2020).

“FC Barcelona dan pendukungnya tinggal di Katalonia, wilayah yang warganya menganggap dirinya berbeda secara politis dan budaya dari Spanyol. Mereka memandang Real Madrid sebagai tim yang menjadi wajah Spanyol,” katanya.

Bagaimana pun, Real Madrid tetap dianggap sebagai klub tersukses sepanjang sejarah. Selama 118 tahun, Real Madrid berhasil menjuarai 13 gelar Liga Champions Eropa, 33 gelar juara Liga Spanyol, 19 gelar Piala Spanyol, 11 gelar Piala Super Spanyol, 4 gelar Piala Dunia Klub FIFA, 2 gelar Piala UEFA, dan 4 gelar Piala Super UEFA.

Selamat Ulang Tahun ke-118, Real Madrid! (Andy Alwan)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar