Yamaha

Korsel Buka Jasa Pemeriksaan Virus Corona Drive-thru

  Jumat, 28 Februari 2020   Andres Fatubun
Pemeriksaan drive-thru yang dilakukan pemerintah Korsel untuk mempercepat proses pengujian virus corona sekaligus menjawab besarnya permintaan. (Reuters)

SEOUL, AYOBANDUNG.COM -- Di dalam mobilnya, seorang pengemudi di kota Goyang, Korea Sealatan, dicek apakah ia terjangkit virus corona atau tidak.

Petugas kesehatan pun sigap mengecek gejala-gejalanya, seperti suhu tubuh dan pernafasan melalui kaca jendela mobil menggunakan baju pengaman. Proses pemeriksaan ini hanya berlangsung selama 10 menit.  

Dilansir dari Reuters.com, inilah prosedur klinik drive-thru yang dilakukan pemerintah Korsel untuk mempercepat proses pengujian virus corona sekaligus menjawab besarnya permintaan.

"Pada awalnya saya pergi ke pusat kesehatan masyarakat dan harus menunggu selama sejam lebih, jadi proses ini lebih mudah dan cepat," jelas seorang pengemudi kepada penyiar lokal YTN.

AYO BACA : Nahas! Sudah Dipastikan Sembuh, Wanita Ini Kena Virus Corona Lagi

Selain Goyang, beberapa kota lain di Korsel juga meluncurkan pelayanan serupa, seperti Incheon dan Sejong. Daegu, kota yang menjadi pusat penyebaran wabah ini pun membuka pelayanan klinik drive-thru ini.

Terhitung Kamis (27/2/2020), jumlah total penderita corona di Korsel sudah mencapai 1766 orang. Data tersebut dikeluarkan Korea Centers for Disease Control & Prevention (KCDC).

Di kota Goyang pasien virus corona ini hanya berjumlah empat orang. Meski sedikit, tapi hal ini tidak memberhentikan 100 lebih warga yang khawatir untuk datang ke tempat pengujian ini sejak Rabu (25/2/2020).

Kepala Pusat Kesehatan Goyang, Kim An-Hyun, mengatakan pihaknya dapat memeriksa orang dengan waktu yang cukup singkat dengan cara yang tidak terlalu ramai, dan risiko infeksi juga lebih rendah karena dilakukan di dalam mobil. (Muhammad Al Iqbal)

AYO BACA : Forum Negara Islam Setuju Penundaan Jemaah Umrah

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE