Yamaha

Mulai Hidup Minimalis, Berikut 4 Barang yang Tidak Perlu Anda Beli (Lagi) di 2020

  Kamis, 27 Februari 2020   Vina Elvira
ilustrasi -- pakaian. (pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pernahkah Anda merasa sedih dan menyesal, melihat tumpukan barang tidak terpakai, dan hanya menganggur begitu saja di dalam lemari Anda? Itu bisa jadi merupakan salah satu tanda, bahwa Anda memiliki sifat boros dan impulsif. Sehingga banyak dari barang yang Anda beli, pada akhirnya menjadi usang dan menumpuk. 

Tapi tenang, semua itu bisa dirubah kok. Jadikan awal 2020 ini sebagai awal baru bagi Anda untuk mengubah sifat "asal" beli, yang bisa membuat Anda menyesal di kemudian hari.

Ternyata banyak lho, sesuatu yang sebenarnya tidak perlu Anda beli berulang kali. Hal ini penting untuk mengurangi hasrat impulsif Anda, membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu Anda butuhkan.  

Melansir dari Buzzfeed, Kamis (2/1/2020) berikut daftar barang yang tidak perlu Anda beli lagi di 2020:

1. Berhenti Beli Gadget Terbaru 

Hampir setiap tahun, bahkan beberapa bulan sekali brand-brand gadget selalu meluncurkan produk terbaru mereka. Mungkin Anda merupakan satu dari sekian banyak orang, yang selalu ingin membeli gadget keluaran baru tersebut, demi kepuasan Anda sendiri. Mulai dari handphone, air pods, hingga PC. 

Padahal, sebenarnya gadget yang Anda punya saat ini pun masih berfungsi dengan baik, dan memiliki fasilitas serupa dengan gadget terbaru tersebut. 

Jadi, mulai saat ini Anda tidak perlu membeli gadget terbaru selama gadget lama Anda masih berfungsi dengan baik. 

2. Berhenti Beli Pakaian Baru

Mungkin saat ini Anda bisa mulai mengurangi, bahkan berhenti membeli produk fast fashion. Selain itu, Anda juga bisa mulai mematok harga maksimal untuk produk pakaian yang akan Anda beli. 

Ada juga cara lain untuk mengurangi barang tidak terpakai di lemari Anda. Yaitu dengan cara menjual kembali pakaian-pakaian yang Anda punya. Hal ini bisa menambah pendapatan dan mengurangi stok barang mubazir. 

Baju, termasuk barang yang awet dan bisa bertahan hingga bertahun-tahun. Oleh karena itu, Anda tidak perlu membeli baju setiap bulan, dan membuat isi lemari Anda menumpuk sampai Anda pun lupa memakainya. 

3. Mengoleksi Barang yang Sama

Mungkin sebagian dari Anda, ada yang sangat menyukai sebuah barang, sampai-sampai membelinya berulang kali (barang sama hanya warnanya yang beda).  Seperti sepatu, tas, dan jeans dengan warna dan motif sama. 

Mulai sekarang, tahan keinginan untuk terus membeli barang yang sama berulang kali hanya karena Anda menyukainya. 

4. Berhenti Beli Sesuatu yang Tidak akan Anda Gunakan dalam Waktu Dekat

Apabila Anda termasuk orang yang senang "nyetok" berbagai kebutuhan, saat berbelanja di supermarket. Anda mungkin harus mulai mengubah kebiasaan itu. Hal tersebut bisa membuat pengeluaran Anda membengkak, dan bisa saja sesuatu yang Anda beli itu tidak terlalu Anda butuhkan.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar