Yamaha

LIB Larang Klub Liga 1 Disponsori Rokok, Ini Respons Komisaris Persib

  Kamis, 27 Februari 2020   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar. (Ayobandung.com/Eneng Reni)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 2020 mengeluarkan aturan terkait larangan bagi setiap tim yang berpartisipasi dalam kompetisi untuk menjalin kerja sama dengan produk rokok, minuman beralkohol, dan situs judi. Larangan tersebut diterbitkan PT LIB melalui surat bernomor 103/LIB/II/2020, yang ditandatangani Direktur Utama PT LIB, Cucu Somantri.

LIB memiliki beberapa landasan yang melatar belakangi dibuatnya peraturan tersebut. Salah satunya mengacu pada peraturan pemerintah yang di antaranya; PP No. 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau bagi Kesehatan, dan PERPRES No. 74 Tahun 2013 tentang Pengendalian dan Pengawasan Minuman Beralkohol.

AYO BACA : Kecewa, Umuh Sebut Konsep Launching Persib 2020 Paling Butut

PT. Liga Indonesia Baru (LIB) dengan ini menyampaikan penegasan kembali bahwa sesuai peraturan pemerintah yang berlaku, LIB tidak mengizinkan klub yang berpartisipasi pada kompetisi resmi yang dikelola LIB untuk menjalin kerjasama komersial dengan produk yang berkaitan langsung dengan brand rokok, minuman beralkohol dan situs perjudian, isi surat tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar menyatakan, manajemen Persib akan segera membahas permasalahan tersebut lebih lanjut. 

AYO BACA : Keluarga Hingga Perundungan, Alasan Umuh Muchtar Mantap Mundur Jadi Manajer Persib

Ya mudah-mudahan kita diajak bicara. nanti kami akan bicarakan ini lebih lanjut, kata Umuh.

Seperti diketahui, pada Liga 1 2020, Persib menjalin kerja sama dengan Pria Punya Selera sebagai satu dari 12 mitra yang turut mensponsori tim dalam mengarungi kompetisi musim ini. Pria Punya Selera merupakan slogan yang melekat pada salah satu produk rokok terkemuka di Indonesia.

Persib memang tidak secara gamblang memunculkan nama produk rokok tersebut. Skuat Maung Bandung hanya mengambil slogan tersebut. Kini, slogan Pria Punya Selera itu tercantum pada bahu kanan jersei Persib musim 2020.

Enggan mendebat panjang lebar masalah ini, pria yang karib disapa Wa Haji Umuh itu berharap Persib Bandung tidak melabrak aturan yang sudah dibuat federasi ataupun pemerintah.

Kalau saya tidak akan ngomong masalah itu karena bukan wewenang saya. Tapi kalau bisa jangan berbenturan dengan yang dilarang. Kan itu larangan pemerintah, harus ikut juga, apa yang tidak boleh jangan dipaksakan, ujarnya.

AYO BACA : Umuh Muchtar Sebut 3 Klub Pesaing Persib Musim 2020

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar