Yamaha

Mahir Public Speaking dengan 3P

  Rabu, 26 Februari 2020
Ilustrasi siswa SMA. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Kalau Anda mencari di Google, tips meningkatkan skill public speaking anak, Anda akan temukan cukup banyak artikel yang membahas bagaimana cara meningkatkan skill public speaking anak sehingga lebih percaya diri. Sampai terkadang banyak orang tua yang bingung mana yang benar-benar efektif dan terbukti.

Public speaking merupakan suatu skill yang sangat penting. Tanpa skill public speaking, akan lebih sulit menaiki tangga kesuksesan, apapun bidangnya.

Seorang siswa dituntut untuk mampu membawakan presentasi di depan kelas. Seorang karyawan dituntut mampu berkomunikasi dengan tim atau atasan.

Seorang tokoh agama dituntut untuk mampu membawakan ceramah. Dari contoh tersebut kita bisa melihat dengan jelas bahwa kemampuan public speaking sangatlah berpengaruh.

Melalui artikel ini, saya telah meringkasnya menjadi 3 Tips Public Speaking yang diajarkan oleh Miss Merry Riana yang bisa anak Anda terapkan. 

Ada 3 P yang perlu anak Anda ingat dan praktekan untuk meningkatkan skill public speaking.

Apa saja? Simak penjelasannya berikut:

1. Prepare

Sebelum tampil, anak Anda harus memiliki persiapan mental yang baik. Selain itu, anak Anda harus menguasai topik yang akan dibawakan. Bukan sekedar menghafal materi, tapi betul-betul memahami materi. 

Sehingga ketika berada di depan panggung, anak bisa membawakan materi dengan luwes dan baik. Jadi, selalu persiapkan diri sebaik mungkin sebelum tampil di depan panggung.

2. Practice

Setelah memahami materi dengan baik, anak harus mulai mempraktikannya. Cara paling mudah dan terbukti ampuh adalah dengan berdiri di depan kaca sambil melakukan presentasi. Lakukan ini berulang-ulang, niscaya anak Anda akan mampu membawakan presentasi dengan baik.

3. Perform

Setelah memiliki persiapan yang matang dan telah berlatih melalui praktik, tips terakhir untuk meningkatkan skill public speaking anak adalah perform. Tetapi di sinilah masalahnya, kebanyakan anak takut untuk mencoba. Takut salah, takut di-bully, takut nggak bisa, takut blank, takut kehabisan kata-kata.

Padahal, tanpa perform anak tidak akan pernah bisa menguasai public speaking. Karena Public Speaking adalah suatu kemampuan. Sama seperti renang, anak tidak akan bisa meningkatkan skill public speaking hanya dengan membaca buku dan menguasai teori saja, tetapi harus dengan mencobanya juga.

Lalu bagaimana solusinya?

Anda bisa coba mulai mengikutsertakan anak Anda ke program public speaking yang memang dirancang khusus untuk anak remaja.

Dengan Anda terus memperlengkapi anak Anda melalui program berkualitas, anak Anda akan memiliki skill public speaking yang baik dan semakin percaya diri.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar