Yamaha

Sinergi bank bjb bersama BUMD demi Wujudkan Jabar Juara

  Senin, 24 Februari 2020   Dadi Haryadi
bank bjb menyepakati kerja sama penyaluran fasilitas kredit kepada salah satu BUMD Jabar, yakni PT Agro Jabar. (Istimewa)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Sinergi dan kolaborasi menjadi dua kata kunci utama bank bjb sebagai strategi menjalin relasi guna memuluskan langkah usahanya. Kedua kata kunci tersebut seolah telah menjadi nyawa dan ruh bagi perseroan dalam merangkai jalan guna mencapai visi pertumbuhan berkualitas dan berkelanjutan.

Di luar itu, bank bjb juga berkomitmen untuk senantiasa memberikan kontribusi terhadap terhadap pertumbuhan kesejahteraan demi mendorong pencapaian visi Jawa Barat Juara Lahir Batin yang dicanangkan pemerintah daerah.

Dalam praktiknya semangat sinergi dan kolaborasi serta itikad untuk memberikan kontribusi terbaik tersebut berjalin kelindan satu sama lain. Hal tersebut seolah telah menjadi kodrat perseroan merujuk pada status badan usaha milik daerah (BUMD) yang tersemat. bank bjb memainkan peran ganda untuk mencari keuntungan bisnis maupun mendorong kemajuan daerah dengan jalinan kemitraan dengan berbagai pihak, tak terkecuali, dengan BUMD lainnya yang juga memainkan peran serupa.

AYO BACA : Sinergi BUMD, bank bjb Salurkan Kredit Budidaya Jahe dan Kentang

Sebagai wujud nyata sinergi antar BUMD tersebut, bank bjb senantiasa memberikan sokongan terhadap BUMD lain yang juga menjalankan peran sebagai pilar perekonomian. Lewat berbagai produk dan program yang dikembangkan, bank bjb senantiasa menunjukkan komitmen penuhnya sebagai mitra untuk bertumbuh bersama. bank bjb, misalnya konsisten menyalurkan kredit kepada BPR maupun BLUD yang sama-sama menjadi motor penggerak roda perekonomian.

Salah satu contoh teranyar sinergi tersebut dilakukan bank bjb melalui penyaluran kredit kerja sama penyaluran fasilitas kredit kepada PT Agro Jabar (Perseroda) belum lama ini. Perseroan, memberikan dukungan pembiayaan kredit modal kerja dengan plafon Rp12,7 miliar untuk penambahan modal budidaya jahe dan kentang kepada BUMD yang bergerak di bidang pertanian tersebut.

Bantuan pembiayaan juga diberikan bank bjb untuk mengongkosi pembangunan airport link Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka yang digunakan guna menunjang operasionalisasi BUMD di bidang transportasi udara ini. Keberadaan airport link dari Jalan Tol Ruas Cikopo-Palimanan akan  mempermudah dan mempercepat akses kepada bandara.

AYO BACA : bank bjb dan Pemprov Jabar Kembangkan bjb Mesra untuk Seluruh Golongan Masyarakat

"Dukungan penuh, dorongan nyata, akan secara terbuka diberikan oleh perseroan kepada berbagai pihak yang membutuhkan. bank bjb memahami peran yang dimainkan perusahaan sebagai tumpuan harapan untuk ikut berkontribusi memajukan kesejahteraan. Peran tersebut, menjadi hal yang sangat khas bagi setiap BUMD. Karena itu, kami juga senantiasa berkomitmen saling bergandengan tangan dengan BUMD lain untuk mewujudkan visi Jawa Barat Juara Lahir Batin,” kata Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb, Widi Hartoto.

Di luar pembiayaan, bank bjb mengembangkan infrastruktur teknologi lain yang mendukung sinergitas dengan lembaga lain dan perannya sebagai BUMD andalan. Perseroan mengembangkan tools monitoring khusus yang pada gilirannya bisa memacu kontribusi perusahaan. bank bjb mengembangkan tools Sistem Monitoring Kinerja (SIMONIK) untuk memantau kinerja khususnya kualitas portofolio kredit perusahaan anak dan terafiliasi. Dengan keberadaan SIMONIK, perseroan bisa dengan mudah mengetahui dan mengukur keberhasilan kinerja perusahaan anak dan terafiliasi, khususnya BPR agar kinerja mereka bisa memberikan kontribusi sesuai dengan rencana bisnis bank.

Sebagai salah satu BUMD Provinsi di Jawa Barat, bank bjb memiliki peranan sentral dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di Jabar. Sebagai BUMD yang bergerak di sektor industri keuangan terbesar di Jabar, bank bjb ikut berkontribusi terhadap capaian pertumbuhan ekonomi Jabar yang membanggakan. Tercatat pada Triwulan II 2019, pertumbuhan ekonomi Jabar mencapai 5,68%. Persentase pertumbuhan ini berada di atas tingkat pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,06%.

Salah satu bentuk kontribusi bank bjb terhadap pertumbuhan ekonomi daerah ini bisa dilihat dari sokongan yang besar terhadap pembiayaan pembangunan infrastruktur guna menunjang konektivitas dan efisiensi. Tercatat sepanjang tahun 2018 lalu total penyaluran kredit infrastruktur nasional bank bjb mencapai Rp7,5 triliun. Jawa Barat menjadi daerah dengan penyaluran kredit infrastruktur terbesar. Angka penyaluran kredit nasional ini diproyeksikan bertumbuh pada 2019, termasuk di Jabar.

AYO BACA : bjb Sabet The Best Digital Banking Innovation dan The Best Banking in Financial Inclusion

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar