Yamaha

Peringati HPSN 2020, Aa Umbara Bersih-bersih Situ Ciburuy

  Minggu, 23 Februari 2020   Tri Junari
Bupati Bandung Barat Aa Umbara bersih-bersih Situ Ciburuy, Minggu (23/2/2020). (Ayobandung.com/Tri Junari)

PADALARANG, AYOBANDUNG.COM --
Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna bersama ratusan orang dari berbagai elemen masyarakat, lintas komunitas, dan unsur pemerintah daerah m, melakukan aksi bersih-bersih di kawasan objek wisata Situ Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Minggu (23/2/2020).

Menurut Aa Umbara, aksi yang juga dinamai 'Berlibur' atau Bersih Keliling Lembur itu, juga sebagai bentuk dukungan terhadap gerakan KBB Bebas Sampah. Sebab, selama ini sampah masih jadi permasalahan yang belum bisa dituntaskan.

"Mudah-mudahan di Bandung Barat, lingkungan bersih dari sampah sesuai jargon Lumpaaat Bandung Barat Bersih. Karena bagaimanapun, permasalahan sampah menjadi tugas dan tanggung jawab bersama semua unsur," kata Aa Umbara di sela kegiatan.

Aa Umbara berharap, kegiatan ini menjadi kultur yang tertanam dalam keseharian masyarakat Kabupaten Bandung Barat. Dia pun mengajak masyarakat untuk peduli dan tidak acuh terhadap persoalan lingkungan.

"Kegiatan ini bisa jadi momentum dalam menggerakkan masyarakat peduli lingkungan. Tentunya, saya berharap ini menjadi kegiatan rutin dalam menciptakan lingkungan bersih dn nyaman," harapnya.

Di tempat berbeda, Relawan Kemanusiaan Forum Facebook Padalarang Sejuta Cerita (PSC) bersinergi dengan Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan TNI-Polri (FKPPI), menggelar Operasi Bersih Tanggap Sampah (Operasi) di Kampung Kepuh, Desa Padalarang.

Kegiatan tersebut diikuti oleh puluhan orang dengan tujuan mencegah banjir dan menjaga keindahan jalan desa. Para peserta memunguti sampah-sampah plastik dan sisa-sisa makanan.

Ketua Forum Facebook PSC Budhi Taufiq Ginanjar mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud kepedulian dan rasa kemanusiaan terhadap sesama manusia  Kegiatan ini diharapkan dapat merekatkan tali silaturahmi.

"Semoga kegiatan ini dapat memotivasi pentingnya kebersihan khususnya sampah untuk mencegah banjir. Memudahkan daur ulang sampah, mencegah kerusakan air dan tanah, agar lingkungan terlihat rapi dan indah," jelas Budhi.

Budhi berharap, pemerintah daerah dapat mendukung  kegiatan ini, karena ke depan Obesitas akan terus dilakukan ke seluruh desa yang ada di Kecamatan Padalarang. Terlebih akhir-akhir ini wilayah Padalarang sering terkena banjir.

Seperti diketahui, HPSN diperingati setiap 21 Februari. Peringatan ini muncul atas ide dan desakan dari sejumlah pihak untuk mengenang peristiwa longsor sampah pada 21 Februari 2005 di TPA Leuwigajah, Kota Cimahi, yang menelan ratusan korban jiwa. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar