Yamaha

Kembali Dilanda Banjir, Warga Bekasi Tuntut Pemerintah Cari Solusi

  Minggu, 23 Februari 2020   Firda Puri Agustine
Ilustrasi (ayobandung.com)

BEKASI, AYOBANDUNG.COM -- Banjir kembali merendam sejumlah wilayah di Kota Bekasi dan sekitarnya, Minggu (23/2/2020) pagi. Hal ini lantaran intensitas hujan lebat sejak dini hari.

Banyak warga Bekasi yang ingin mencurahkan isi hati pada Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi atau akrab disapa Bang Pepen. Mereka meminta orang nomor satu di Bekasi itu memberi solusi banjir yang lebih berani dan komprehensif.

“Jangan cuma janji normalisasi kali sama kebijakan plastik doang. Tuh banyak apartemen, mal, perumahan dibangun-bangunin padahal itu kan harusnya bisa jadi ruang hijau. Perketat dong izinnya,” kata Indra, seorang warga Bekasi Utara kepada Ayobekasi.net.

Dia menduga banjir parah yang melanda Bekasi sejak Januari lalu, selain disebabkan cuaca ekstrem, juga lantaran Pemerintah Kota Bekasi tidak tegas dalam mengelola tata ruang kota dan memaksimalkan ruang terbuka hijau.

Sebagai contoh, Perumahan Taman Wisma Asri dulu tidak pernah terkena banjir. Namun, sekarang sebagian area perumahan tersebut ikut kena banjir sejak ada proyek pembangunan apartemen dan kawasan perumahan baru di sekitar sana.

“Terutama yang TWA (Taman Wisma Asri) 1 ya sekarang banyak yang kebanjiran. TWA 2 belum (kena banjir), tapi siapa yang tahu 10-20 tahun ke depan kalau ruang hijau dibangun beton semua?,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Tarno, warga Bekasi Utara lain yang meminta Bang Pepen aktif membangun ruang terbuka hijau serta mewajibkan satu rumah punya minimal satu lubang biopori supaya penyerapan air menjadi maksimal.

“Jangan salahin hujannya. Mau deres, mau enggak berhenti-berhenti, kalau fungsi saluran air bagus mah ya enggak bakal banjir-lah,” katanya.

“Masalahnya sekarang penggunaan lahan itu sudah banyak yang enggak sesuai fungsinya. Harusnya jadi kebon, eh dibangun perumahan. Harusnya buat taman, eh dibikin supermarket. Bang Pepen tolong-lah concern soal ini,” lanjut Tarno.

Banjir pagi ini didominasi merendam sejumlah wilayah di Bekasi Utara, seperti Pondok Ungu Permai, Kota Harapan Indah, Kaliabang, Medan Satria, Vila Indah Permai, dan sekitarnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE