Yamaha

5 Manfaat Curhat untuk Kesehatan Mental

  Jumat, 21 Februari 2020   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Curhat bisa menenangkan pikiran. (pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Jika kamu selalu memendam berbagai masalah, lebih baik segera ubah kebiasaan itu dan segera curhat.

Memendam masalah maupun perasaan bisa berdampak buruk pada psikologismu, seperti mudah marah atau tak berpikir rasional.  

Dilansir dari Himedik.com, ini 5 manfaat curhat untuk kesehatan mentalmu.

1. Bisa lebih mencintai diri sendiri

AYO BACA : Beruntunglah Remaja yang Tak Pacaran, Ini Kata Peneliti

Menumpuk masalah hanya akan membuat pikiran tak sehat dan emosi jadi naik-turun. Parahnya, bisa saja emosimu meledak saat waktu dan kondisi yang tak tepat.

Memilih curhat pada orang lain tidak akan membuatmu kelihatan lemah. Malah kamu bisa menghargai waktu dan pikiran yang kamu miliki dengan berbagai pikiran dengan orang lain.

2. Jadi lebih dekat dengan teman atau pacar

Saat ingin curhat, tentunya orang yang di dalam pikiranmu kalau nggak pacar ya teman terdekat, kan? Tanpa sadar kamu akan memikirkan mereka karena mereka bisa lebih mengerti dirimu daripada orang lain. Semakin sering kamu curhat dengan mereka, kamu semakin bisa lebih dekat dengan orang yang kamu sayangi.

AYO BACA : Enak dan Enggak Enaknya Pacaran dengan Teman Kantor

3. Bisa lebih menghargai orang lain

Terbiasa menyimpan masalah sendiri itu tidak baik. Orang lain akan bingung dengan sikapmu yang kelihatan aneh. Dengan bercerita kepada orang lain, kamu bisa punya sudut pandang yang baru dan menghargai perhatian dari mereka yang menanyakan keadaanmu.

4. Mendapatkan solusi

Pada umumnya ketika ada masalah, kamu akan mencari tahu bagaimana masalah itu terjadi dan bagaimana menemukan solusinya. Jika kamu curhat kepada orang lain, terutama orang-orang di dekatmu, mereka akan memberikan saran dan masukan yang bisa kamu jadikan solusi atas masalah yang terjadi.

5. Jadi lebih lega dan tenang

Salah satu alasan mengapa kamu harus curhat dengan orang lain adalah kamu jadi lebih lega dan tenang. Mengeluarkan segala keluh kesah pastinya bisa meredakan emosi dan mengembalikan mood.

Tentunya saat mendapatkan saran dan masukan dari orang lain, pikiranmu akan terasa lebih ringan dan bahagia karena orang lain mau mendengarkanmu.

AYO BACA : Menengok Coffeelensebrew, Tempat Jadiannya Dilan dan Milea

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE