Yamaha

56 IKM Cimahi Bisa Dapat Hak Intelektual, Begini Caranya!

  Jumat, 21 Februari 2020   Tri Junari
Ilustrasi (@thepopup.id/Instagram)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustiran (Disdagkoperind) Kota Cimahi menyiapkan 53 slot fasilitas pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) bagi Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Cimahi tahun ini.

Kepala Bidang Perindustrian pada Disdagkoperind Kota Cimahi, Andri Hardian mengatakan, slot program fasilitas pendaftaran HKI itu masih bisa bertambah, jika ada tambahan slot dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Barat.

AYO BACA : Cimahi Tecno Park Inkubasi 25 Startup Kreatif Digital

"Rencana kalau dari APBD kota itu ada untuk 53 IKM. Nanti kita coba ke Indag Jabar siapa tau ada fasilitas dari mereka," kata Andri saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Jumat (21/2/2020).

Tahun lalu, terang Andri, ada 74 IKM asal Kota Cimahi yang sudah didaftarkan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia  (Kemenkumham) RI untuk memperoleh HKI. Rinciannya, fasilitas dari Pemkot Cimahi 59 IKM, dari Disperindag Jabar 15 IKM.

AYO BACA : Cuaca Ekstrem, Lima Titik Jaringan Tiang Listrik di Cimahi Roboh

"Itu semuanya baru IKM makanan dan minuman, karena banyak sekali IKM yang baru-baru dan sepertinya perlu fasilitasi dari pemerintah," ujarnya.

Andri melanjutkan, HKI sangat penting dimiliki IKM. Tujuannya, untuk melindungi brand atau merk agar tidak dipakai IKM lain. Selain itu, HKI juga bisa menjadi pemicu daya saing dengan produk lainnya.

"Merk itu sangat penting, karena merk atau brand ini kan pembeda produk kita dengan produk orang lain," tegasnya.

Untuk itu, kata Andri, pihaknya setiap tahun akan berupaya memberikan fasilitasi bagi para IKM untuk mendapatkan HKI, yang akan dilakukan secara bertahap. Mengingat dalam pendaftaran HKI ini cukup sulit.

"Kami setiap tahun memfasilitasi pendaftaran HKI merk para pelaku IKM Cimahi yang didaftarkan ke Kemenkumham," pungkasnya.

AYO BACA : Cimahi Punya 6 Sistem Pengolahan Sanitasi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar