Yamaha

Cimahi Punya 6 Sistem Pengolahan Sanitasi

  Jumat, 21 Februari 2020   Tri Junari
Penandatanganan prasasti SPALD-T di Cimahi. (Ayobandung.com/Tri Junari)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kota Cimahi meresmikan enam Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik-Terpusat (SPALD-T) skala permukiman di Kelurahan Melong, Jumat (20/02/20).

Sistem pengolahan limbah ini bagian dari program Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) untuk mendukung program Citarum Harum Juara sekaligus merubah kultur masyarakat dalam mengelola limbah rumah tangga.

AYO BACA : Sindikat Kriminal Uang Palsu Dibekuk Polres Cimahi

Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna mengatakan, SPALD-T merupakan waste water treatment yang dibangun atas kesadaran agar air limbah sanitasi penduduk tidak dibuang secara langsung ke sungai.

SPALD-T tersebut meliputi  Pembangunan jaringan perpipaan sambungan rumah dan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) permukiman yang di kelola oleh Kelompok Swadaya Masyarakat, kelurahan Melong.

AYO BACA : Cimahi Tecno Park Inkubasi 25 Startup Kreatif Digital

KSM Mitra Bersih RW 02, KSM Munggaran RW 04, KSM Putra Mandiri RW 09, KSM Barokah RW 15, KSM Mitra Sehat Mandiri RT 03 RW 16 dan KSM Mitra Berseka RT 05 RW 16.

"Sistem ini bertujuan membangun perilaku sehat dan pola pikir masyarakat untuk mengurangi limbah sejak di rumah," ujar Ajay usai menandatangani prasasti SPALD-T.

Ajay meyakini, hadirnya fasilitas  SPALD-T tersebut akan memberi dampak positif bagi kehidupan masyarakat Kota Cimahi. Lingkungan sehat akan menciptakan SDM unggul di berbagai bidang.

Program Sanimas di Kota Cimahi digagas untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya masyarakat perkotaan padat penduduk. Termasuk meningkatkan kualitas sanitasi dan kebersihan lingkungan masyarakat serta menghindari pencemaran air tanah, sungai, dan sumber mata air akibat pembuangan limbah domestik.

"Saya berharap keberadaan SPALD-T di enam lokasi Kelurahan Melong tersebut dapat difungsikan sebagaimana mestinya, serta dijaga dan dipelihara dengan baik oleh masyarakat setempat,"tandasnya.

AYO BACA : Cuaca Ekstrem, Lima Titik Jaringan Tiang Listrik di Cimahi Roboh

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar