Yamaha

Robert Alberts Bicarakan Esensi Pramusim untuk Persib

  Jumat, 21 Februari 2020   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Pelatih Persib Robert Alberts. (ayobandung.com/Eneng Reni)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Jelang bergulirnya kompetisi resmi, sebuah klub dipastikan mempersiapkan diri untuk menghadapi ketatnya persaingan. Pada masa ini pula, klub-klub di Indonesia menggelar banyak uji coba hingga tampil dalam sebuah turnamen pramusim untuk mengetahui sejauh mana kedalaman skuatnya. Upaya serupa pun sedianya dilakukan Persib Bandung.

Seperti diketahui di masa pramusim 2020 ini, skuat Maung Bandung sudah melakoni sejumlah laga uji coba. Dalam laga uji coba petama melawan Melaka United, Persib unggul dengan skor 2-0. Selanjutnya Persib menang telak 7-2 melawan tim juniornya, Persib U-20. Di pekan yang sama skuat Maung Bandung unggul 3-0 atas PSKC.

Selain itu, di laga uji coba keempat melawan tim sesama kompetisi Liga 1 2020, Barito Putera, Persib unggul dengan skor 2-1. Bahkan Persib kembali menunjukkan keperkasaannya saat menekuk Persis Solo 2-0. Kemenangan terakhir Persib terjadi menekuk PS Sleman dengan akor akhir 2-0 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Senin (18/2/2020).

Persib hanya mencatatkan satu kekalahan saat menghadapi PSCS Cilacap dalam laga uji coba di Stadion Wijayakusuma, Kamis (20/2/2020). Dalam pertandingan persahabatan itu Maung Bandung ditekuk dengan skor 3-1 oleh tim berjuluk Hiu Pantai Selatan tersebut. Dalam lawatan ini Persib memang Hanya memboyong tujuh pemain pelapis seperti Dhika Bhayangkara, Henhen Herdiana, Mario Jardel, Abdul Aziz, Gian Zola, Erwin Ramdani, dan Beni Oktovianto. Sisanya dihuji Pemain beberapa penggawa Bandung United dan Persib U-23.

AYO BACA : Pede Tatap Liga 1, Beckham Petik Banyak Pelajaran selama Pramusim 2020

Mengomentari sesi pramusim ini, pelatih Persib Bandung Robert Alberts sedianya ingin meluruskan persepsi tentang esensi alias hakikat dalam masa pramusim. Menurut Robert, seharusnya setiap klub tidak mencari hasil akhir pada masa tersebut.

"Di masa pramusim, hasil di uji coba bukan yang dicari. Semua harus diedukasi, dalam pramusim yang dicari adalah perkembangan dari pemain, perkembangan dalam stamina dan mulai mencari formula dari tim, formasi (yang digunakan)," kata Robert.

Namun Robert menilai, tak jarang sesi pramusim dijadikan ajang untuk mencari hasil akhir dan kemenangan. Padahal menurut pelatih asal Belanda itu, selama sesi pramusim di negara lain tidak melihat hasil akhir pertandingan.

"Tapi banyak orang yang lebih menuntut hasil di pramusim. Jika kalian melihat di negara yang sudah lebih maju mereka tidak fokus pada hasil dan fokus membawa tim kembali ke jalurnya (memasuki musim baru), memadukan pemain baru untuk bisa menyatu dengan sistem di dalam tim dan pemain yang sudah ada," katanya menambahkan.

AYO BACA : Digelar di Bandung, Pelatih Persib Pastikan Uji Coba Kontra Persikabo Tanpa Penonton

Robert juga mengaku, kondisi itu pula lah yang tengah dilakukan Persib. Robert mengaku enggan menjadikan hasil akhir pertandingan uji coba menjadi target utama timnya. Meski sejatinya Nick Kuipers cs mendominasi kemenangan dalam laga uji coba tersebut. Robert justru mengaku ingin melihat sejauh mana perkembangan tim jelang mengarungi kompetisi resmi.

"Sekarang fokus kami lebih kepada perkembangan tim dan ketika liga mulai, hasil bagus akan datang. Jadi jika kami menang dua kali beruntun di uji coba, bagi saya itu tidak penting, yang penting adalah perkembangan tim," ujarnya.

Kendati demikian hampir sebulan mengamati mempersiapkan tim, Robert menilai para pemainnya itu menunjukkan perkembangan positif. Pelatib berusia 65 tahun itu juga menilai anak asuhnya sudah bisa beradaptasi satu sama lainnya dengan baik.

"Saya melihat pemain baru beradaptasi, saya melihat harmoni tim di dalam dan luar lapangan, bagaimana melihat tim melaju ke arah yang benar dan itu yang kami lihat. Kami sudah menunjukkan perkembangan yang positif dan kami terus membaik," ucapnya.

Karenanya, Robert mengakui kemenangan dari hasil laga uji coba di masa prmausim hanyalah bonus dari apa yang sudah disiapkan tim. Lantaran tujuan utama Persib adalah kompetisi liga 1 2020 dan memenangi setiap pertandingan.

"Soal hasil, saya tidak melihat itu, kemenangan hanya bonus dari apa yang sudah kami kerjakan. Kami ingin memenangi setiap pertandingan, tapi perkembangan tim menjadi prioritas. saya pikir saat ini apa yang kami rencanakan berjalan positif. Dan moto kami tahun ini adalah fokus pada hal yang positif," ujarnya.

Di sisi lain, Persib akan melakukan laga uji coba terakhir melawan Persikabo 1973 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA),  Jumat (21/2/2020) sore. Sayangnya, laga ini berlangsung secara tertutup tanpa penonton dan hanya di siarkan secara live streaming di chanel YouTube, Persib TV.

AYO BACA : Lima Pemain Persib Ini Curi Perhatian Robert Alberts di Masa Pramusim

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar