Yamaha

Lawan Hoaks, MAFINDO gelar Lomba Periksa Fakta Kategori Mahasiswa

  Kamis, 20 Februari 2020   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Hoaks. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) dan Pusat Pengendalian Krisis Hoaks (Hoax Crisis Centre) Jawa Barat menyelenggarakan lomba periksa fakta kategori mahasiswa di Kota Bandung. Kegiatan ini rencananya diselenggarakan Sabtu (22/2/2020) di BLOK71, Kota Bandung.

Manejer Program HCC Jawa Barat Dedy Helsyanto, dalam rilis yang diterima Ayobandung.com, Kamis (20/2/2020) menerangkan, kegiatan bertema “Pemeriksa Fakta Milenial Awasi Pilkada 2020” bertujuan membangun kepedulian milenial, khususnya mahasiswa, melawan hoaks serta melatih mahasiswa agar mempunyai keahlian dalam memeriksa fakta.

“Harapannya, mahasiswa nantinya dapat membantu meminimalisir hoaks di Pilkada 2020 yang kontennya cukup banyak berkaitan dengan politik, suku, agama, ras, dan antargolongan. Hasil periksa fakta dari mahasiswa ini akan disebarkan mereka melalui seluruh media sosialnya,” kata Dedy.

Dedy yang juga Pemeriksa Fakta senior di MAFINDO mengatakan, kegiatan ini mendapat apresiasi yang besar dari mahasiswa di Kota Bandung. Dari target yang ditentukan yakni sebanyak 10 perguruan tinggi, pendaftarnya diketahui sampai puluhan dari berbagai perguruan tinggi.

“Jadi dari masing–masing perguruan tinggi, jumlah pesertanya empat orang. Berarti dengan jumlah sepuluh perguruan tinggi, ada 40 mahasiswa yang akan terlibat dalam lomba periksa fakta nanti,” ujar Dedy.

Teknis lombanya, lanjut Dedy, adalah dengan memberikan contoh soal hoaks terkait Pilkada kepada para peserta. Kemudian para peserta diberikan waktu sekira dua jam untuk mencari fakta dan menyusun bantahan atau klarifikasinya.

Setelah itu, akan ada lima dewan juri yang merupakan Fact Checker MAFINDO yang akan memeriksa hasil periksa fakta dari para peserta. Melalui kategori dan skala penilaian yang sudah ditentukan, akan diumumkan para pemenangnya.

“Akan ada juara satu, dua, dan tiga dalam lomba periksa fakta ini. Dan para pemenang akan mendapat penghargaan dari MAFINDO serta HCC Jawa Barat,” kata Dedy.

Dedy menambahkan, lomba periksa fakta yang diadakan Sabtu nanti adalah rangkaian dari kegiatan yang di dalamnya terdapat juga pelatihan literasi digital dan deklarasi Komisariat MAFINDO dari beberapa perguruan tinggi di Kota Bandung.

Dari kegiatan ini pun direncanakan hadir beberapa tamu undangan, yaitu dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat Yusup Kurnia dan perwakilan dari Internews, Google, Facebook, dan IFES.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar