Yamaha

Pohon Tumbang Timpa 2 Rumah di Parongpong

  Kamis, 20 Februari 2020   Tri Junari
Pohon Tumbang Timpa 2 Rumah di Parongpong. (Ayobandung.com/Tri Junari)

PARONGPONG, AYOBANDUNG.COM -- Diduga akibat hujan deras disertai angin kencang, dua pohon tumbang menimpa dua rumah semi permanen di Kampung Sukawana RT 01 RW 13 Desa Karyawangi, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kamis (20/2/2020) sekira pukul 07.00 WIB.

Kepala Desa Karyawangi, Dadang Sudayat melaporkan pohon jenis pinus setinggi 20 meter dengan diameter 70 centimeter tumbang setelah sebelumnya terjadi hujan deras disertai angin.

AYO BACA : Kementan Pastikan Stok Cabai Aman Hingga Idulfitri

"Dua rumah milik Hidayat (37) dan Eti Rohaeti (45) rusak berat pada bagian atap, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," kata Kades.

Ketua RW setempat, Kosasih menambahkan, selain kondisi alam dua pohon di kawasan Perhutani Bandung Utara itu sudah tua dan lapuk pada bagian akarnya.

AYO BACA : 14 Mata Air di Kawasan Bandung Utara Menyusut

Sebulan sebelumnya ia juga sudah melaporkan kondisi pohon rawan tumbang ini kepada Perhutani. Namun hingga kejadian tak dilakukan penebangan.

"Sudah saya laporkan sebulan lalu, tapi tidak ditebang juga. Sampai akhirnya tumbang hari ini," katanya.

Masyarakat sekitar dibantu Petugas BPBD KBB sudah melakukan evakuasi penghuni rumah dan memotong batang pohon pinus yang melintang di atas rumah korban.

Untuk sementara waktu korban terpaksa mengungsi ke rumah sanak saudaranya. Kini material pohon sudah bisa disingkirkan.

AYO BACA : Cuaca Ekstrem, Lima Titik Jaringan Tiang Listrik di Cimahi Roboh

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar