Yamaha

Komisioner KPU Kota Bandung: Politik Itu Asik

  Rabu, 19 Februari 2020   Andri Ridwan Fauzi
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung, Ahmad Nur Hidayat menghadiri sekolah politik yang diselengarakan himpunan mahasiswa Administrasi Universitas Pasundan. (istimewa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung, Ahmad Nur Hidayat mengajak generasi muda untuk meningkatkan partisipasi politik. Namun, masyarakat masih mempersepsikan politik sebagai sesuatu yang musiman, kotor, dan hal yang negatif lainnya.

"Tantangan politik dalam negeri kedepan ada empat aspek, dan mahasiswa diharapkan masuk dalam politik substansial," ucap Ahmad dalam acara sekolah politik yang diselengarakan himpunan mahasiswa Administrasi Universitas Pasundan, Rabu (19/2/2020).

Dia menjelaskan politik adalah salah satu jembatan munculnya putusan dan kebijakan untuk masyarakat. Akan tetapi, pihaknya khawatir terhadap persepsi negatif masyarakat.

"Partisipasi masyarakat dalam demokrasi tidak hanya berbicara tentang pemilihan saja, melainkan banyak hal yang harus terlibat aktif keputusan akhir politik. Politik itu Asik," kata Ahmad.

AYO BACA : Keterlibatan Muda dalam Politik

Dia menilai terdapat sejumlah tantangan dalam mengembangkan politik, meliputi aspek politik prosuderal, masih lemahnya kinerja lembaga demokrasi, tingginya biaya politik dan belum optimalnya konsolidasi demokrasi.

Menurut data, kata dia, generasi muda yang mendominasi penduduk Indonesia menjadi tantangan tersendiri. Generasi muda khususnya mahasiswa diharapkan bisa terlibat mempublikasikan pendidikan politik dan mengemas konten demokrasi supaya menarik serta unik.

"Meningkatkan partisipasi masyarakat bukan hanya tugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) semata melainkan tugas semuanya, KPU hanya menjadi fasilitator dan memberikan stimulus," ucapnya.

"Generasi muda pada saat ini memiliki tingkat kreatifitas tinggi sehingga diharapkan bisa ikut serta mempublikasikan hal-hal yang berkaitan dengan peningkatan indeks demokrasi kedepan. Dengan membuat konten politik yang positif misalnya #PolitikItuAsik ataupun lainnya karna itu akan berdampak besar dan luas," ujar Ahmad.

Kegiatan sekolah politik Pasundan yang diselenggarakan oleh himpunan mahasiswa Administrasi Publik Universitas Pasundan merupakan hal positif dalam meningkatkan partisipasi masyarakat. Namun diharapkan tidak terhenti diagenda ini saja, bisa dibuat kegiatan lainya seperti diskusi politik, kajian politik substansial dan kegiatan lainnya agar menarik minat generasi muda lainnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar