Yamaha

KLHK Perpanjang Kontrak TPA Sarimukti Hingga 2025

  Rabu, 19 Februari 2020   Tri Junari
TPA Sarimukti. (Ayobandung.com/Tri Junari)

CIPATAT, AYOBANDUNG.COM -- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah memberikan Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) bagi Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Sarimukti di Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB) hingga Tahun 2025. 

Perwakilan UPTD Pengelolaan Sampah TPA/TPST Regional (PSTR) Provinsi Jawa Barat, Dhani Prianto Hadi mengatakan, pihaknya sudah mengantongi IPPKH sehingga sampah dari Bandung Raya meliputi Kota Bandung, Cimahi, Kabupaten Bandung dan KBB masih dibuang ke TPSA Sarimukti.

"Kami sudah mengantongi IPPKH dari KLHK seluas 21,2 Hektar sesuai luasan sebelumnya," ujar dia saat meninjau TPSA Sarimukti, Rabu (19/2/2020).

AYO BACA : TPA Sarimukti Tutup, KBB Cari Lahan Pengganti

Menurutnya, jumlah sampah Bandung Raya mencapai 2.000 ton perhari, sementara daya tampung TPSA Sarimukti 1.200 ton sehari.

"Artinya over kapasitas sebanyak 8.000 ton per hari," ucapnya.

Atas dasar itu, pihaknya juga tengah mengajukan perluasan kawasan TPSA Sarimukti seluas 20,5 Hektar agar daya tampung sampah cukup memenuhi produksi sampah dari Bandung Raya.

AYO BACA : Pemkab Bandung Barat Nunggak Kompensasi TPA Sarimukti Rp248 Juta

"Untuk perluasan kita sudah kantongi Izin Lingkungan, baru kita ajukan IPPKH perluasan kepada KLHK," terang dia.

Meski kontrak hingga tahun 2025, lanjut dia, sesuai proyeksi tahun 2023 tidak semua sampah Bandung Raya dibuang ke TPA Sarimukti. 

Jika TPSA Legok Nangka sudah beroperasi, pembuangan sampah Bandung Raya akan dibagi ke dua TPSA tersebut.

"Proyeksinya, 1/3 ke Sarimukti, 1/3 ke TPSA Legok Nangka dan sisanya bisa habis di hulu sesuai Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga sesuai Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017 yang menetapkan target hingga 100 persen sampah terkelola dengan baik dan benar pada tahun 2025," katanya.

AYO BACA : Pemulung Tewas Tertimbun Sampah di TPA Sarimukti

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar