Yamaha

DPRD Kabupaten Bandung: Hentikan Pembangunan Wisata Arboretum Alamendah!

  Selasa, 18 Februari 2020   Mildan Abdalloh
Ilustrasi -- Wisata Arboreteum. (eksplorewisata.com)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- DPRD Kabupaten Bandung meminta BUMDes Alamendah menghentikan pembangunan objek wisata alam Arboretem sebelum mengantongi izin.

Ketua DPRD Kabupaten Bandung Sugianto mengatakan, pembangunan objek wisata alam kerja sama antara BUMDes Alamendah dengan Perhutani tersebut harus mengikuti aturan yang berlaku.

"Memang Perhutani itu punya aturan sendiri, tapi tetap harus ada sinkronisasi dengan aturan pemerintah. Harus ada amdal dan lainnya sebelum dilakukan pembangunan," tutur Sugianto, Selasa (18/2/2020).

Dia meminta agar pihak Perhutani dan BUMDes Alamendah untuk menghentikan sementara pembangunan objek wisata alam tersebut sebelum mengantongi seluruh izin.

"Saya juga minta pihak Bumdes dan Perhutani jangan dulu melakukan aktivitas sampai semua perizinan ditempuh dan izinnya sudah dipegang. Kami akan dorong mereka untu mengurus dulu semua perizinanya," ujarnya.

Pihaknya dalam waktu dekat akan menugaskan Komisi B dan komisi terkait lainnya untuk melakukan investigasi lapangan.

Objek wisata alam Arboretum dibangun oleh BUMDes Alamendah bekerja sama dengan Perhutani. Objek wisata tersebut dibangun di atas lahan seluas 10 hektare. Namun, belum ada izin pembangunan dari instansi terkait.

Kepala Desa Alamendah, Awan Rukmawan mengatakan jika pembangunan Arboretem di lahan hutan negara itu perizinannya tengah diproses kepada Perhutani. 

"Perizinan sedang diproses dan pihak Perhutani sangat mendukung. Lokasinya di petak 80 A Kampung Cigadod Desa Alamendah," kata Awan.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar