Yamaha

Berhadiah Rp136 Juta, Organisasi Ini Umumkan Kontes Desain Kota di Mars

  Rabu, 19 Februari 2020
Ilustrasi desain kota di Mars. (Marssociety.org)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Mars Society, sebuah organisasi advokasi luar angkasa yang didedikasikan untuk eksplorasi dan pemukiman manusia di Mars, mengumumkan kontes internasional untuk merancang desain kota di Mars. Kota tersebut nantinya akan menampung dengan kapasitas 1 juta orang.

Sebelum mendaftar, peserta harus membaca panduan yang diunggah Mars Society dalam situs resminya.

Peserta harus memikirkan bagaimana kota tersebut dapat menghasilkan semua bahan makanan, pakaian, tempat tinggal, produk konsumen umum, kendaraan, dan mesin untuk populasi 1 juta jiwa. Dengan kata lain, semua bahan penting seperti makanan, kain, baja, kaca, dan plastik, perlu diproduksi di Mars.

Dengan jumlah 1 juta penduduk, lebih banyak tenaga kerja yang akan diperlukan untuk memproduksi bahan-bahan ini dalam skala yang cukup besar. Karenanya, peserta didorong untuk memikirkan penggunaan robot dan kecerdasaan buatan.

Kota harus swasembada semaksimal mungkin, tulis situs web Mars Society, seperti dikutip dari IFL Science.

Tak hanya itu, peserta juga harus memikirkan rancangan ekonomi kota. Mengingat impor dan ekspor ke Bumi pasti dilakukan.

Di masa depan, diperkirakan dengan menggunakan SpaceX Starship atau pesawat ruang angkasa serupa, biaya pengiriman barang dari Bumi ke Mars adalah 500 dolar AS per kilogram atau sekitar Rp6,8 juta. Sementara biaya pengiriman barang dari Mars ke Bumi adalah 200 dolar AS per kilogram atau sekitar Rp2,7 juta.

Penilaian desain kota Mars ini akan mencakup 30 poin untuk desain teknis, 30 poin untuk rancangan ekonimi, 20 poin untuk sosial, budaya, dan poitik, dan 20 poin untuk estetika desain.

Kontes ini terbuka untuk semua orang di seluruh dunia. Peserta dapat bekerja sendiri atau membentuk tim. Setiap kontestan harus menyerahkan laporan yang tidak lebih dari 20 halaman untuk mempresentasikan rencana tersebut dan dikirim paling lambat 30 Juni 2020.

Juri akan memilih 10 laporan dan peserta akan diundang untuk mempresentasikan idenya secara langsung, di depan panel hakim yang dipilih Mars Society pada Konvensi Mars Society Internasional Tahunan ke-23 di Los Angeles pada Oktober 2020 mendatang.

Peserta yang terpilih menjadi pemenang akan mendapatkan uang mulai dari 10 ribu dolar AS atau sekitar Rp136 juta untuk pemenang pertama hingga 500 dolar AS atau sekitar Rp 6,8 juta untuk lima peserta terpilih lainnya.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar