Yamaha

Ashraf Sinclair Alami Serangan Jantung di Pagi Hari, Apa Penyebabnya?

  Selasa, 18 Februari 2020
Bunga Citra Lestari dan Ashraf Sinclair. [Instagram]

AYO BACA : 18 Olahraga untuk Sehatkan Jantung, dari yang Ringan hingga Berat

AYO BACA : Buruk bagi Jantung, Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini!

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Ashraf Sinclair, suami Bunga Citra Lestari, meninggal dunia pukul 04.00 pada Selasa (18/2/2020) akibat serangan jantung. Kabar ini cukup mengejutkan, mengingat lelaki yang berprofesi sebagai aktor dan model ini terlihat bugar dan sehat dalam kesehariannya.

Serangan jantung sendiri sebenarnya bisa terjadi secara tiba-tiba dan kapan saja. Tapi, seperti dikutip dari Hello Sehat, kebanyakan orang mengalami serangan jantung di pagi hari.

Lalu, apa yang membuat serangan jantung lebih banyak terjadi ketika pagi hari?

Sebelumnya harus diketahui penyebab serangan jantung itu sendiri. Serangan jantung terjadi ketika salah satu pembuluh darah mengalami penyumbatan karena terlalu banyak lemak. Hal ini kemudian membuat aliran darah tidak lancar ke jantung, sehingga jantung kekurangan oksigen. Tanpa oksigen, jaringan di sekitar otot jantung rusak dan mati, dan tak bisa memompa darah lagi.

Mengenai kasus serangan jantung yang kerap terjadi di pagi hari, hal ini telah dibuktikan dalam beberapa penelitian. Salah satunya melibatkan sebanyak 12 ribu lebih kasus penyakit jantung. Dari hasil penelitian tersebut, diketahui bahwa serangan jantung memang lebih sering, bahkan juga disebut-sebut lebih berbahaya, jika terjadi di pagi hari.

Dikatakan para ahli bahwa hal tersebut berkaitan dengan jam biologis tubuh. Di pagi hari, setelah fase istirahat malam yang panjang, tubuh secara otomatis akan mempersiapkan semua organ untuk kembali bekerja dengan normal.

Pada jantung dan pembuluh darah di sekitarnya, akibat permintaan darah dan makanan meningkat di dalam tubuh, membuat jantung harus memompa darah lebih cepat. Selain itu, pembuluh darah juga cenderung menyempit di pagi hari. Hal ini yang membuat jantung bekerja semakin keras.

Seseorang yang mengalami serangan jantung di pagi hari, biasanya akan mengalami tanda-tanda atau gejala awal seperti sulit bernapas tiba-tiba, dada terasa tidak nyaman dan berdebar-debar, sakit pada bagian lengan dan leher, keringat dingin, mual, dan kepala terasa ringan.

Nah, ketika Anda atau keluarga Anda mengalami gejala-gejala di atas di pagi hari, segeralah datang ke klinik atau rumah sakit terdekat untuk mendapat observasi dan diagnosis yang tepat. Jika itu memang serangan jantung, petugas kesehatan akan memberikan penanganan agar nyawa Anda bisa terselamatkan.

AYO BACA : Penting! Ini Gejala Serangan Jantung Pada Wanita dan Pria

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar