Yamaha

Pasien Terinfeksi COVID-19 Bisa Didiagnosis dalam 15 Menit

  Senin, 17 Februari 2020
Simulasi penanganan Virus Corona. (Suara.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Dalam mendiagnosis apakah seseorang terinfeksi virus corona baru atau COVID-19 memerlukan waktu yang cukup lama. Namun sekarang ada test kit yang mampu mendiagnosis COVID-19 dalam hitungan 15 menit saja.

Dilansir World of Buzz dari Straits Times, Universitas Nankai di China berhasil mengembangkan kit uji cepat virus corona. Kit ini mampu mengidentifikasi apakah pasien yang dicurigai terinfeksi virus corona dalam waktu yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan tes sebelumnya.

AYO BACA : Wabah Virus COVID-19, Siapa Bertanggung Jawab?

Perangkat deteksi antibodi IgM/IgG Novel Coronavirus (2019-nCoV) dikembangkan oleh universitas, yang berbasis di Tianjin China utara, dengan bantuan para ahli dari universitas dan perusahaan biofarmasi China lainnya.

Test kit ini mampu mendeteksi virus hanya dalam 15 menit, yang membuatnya jauh lebih cepat dan lebih mudah untuk mendiagnosis pasien yang dicurigai melakukan kontak dekat pasien terinfeksi COVID-19.

AYO BACA : Wujud Virus Corona Terungkap, Ini Gambarnya!

Ini terjadi setelah Kementerian Sains dan Teknologi China melakukan proyek penelitian tentang alat tes cepat untuk virus corona. Mereka mengatakan bahwa reagen deteksi asam nukleat saat ini digunakan untuk mendiagnosis pasien membutuhkan waktu yang lama dan memiliki operasi yang sangat kompleks.

Dengan penyebaran virus yang cepat di seluruh dunia, tes yang lebih cepat diperlukan untuk mengimbangi jumlah pasien yang terus meningkat.

Sejumlah tim peneliti di seluruh China sedang mengembangkan produk pengujian cepat untuk virus corona, tetapi test kit Nankai diharapkan akan digunakan dalam pencegahan dan pengendalian epidemi segera.

AYO BACA : Plasma Darah Bisa Dijadikan Obat Pasien Virus Corona

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
-->

   Komentar