Yamaha

Ini Penyebab SPBU Self Sevice Tidak Banyak di Bandung

  Senin, 17 Februari 2020   Mildan Abdalloh
SPBU Self Sevice. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

BALEENDAH, AYOBANDUNG.COM -- Pertamina terus berupaya menambah SPBU self service. Namun, perkembangannya masih belum maksimal.

Di Bandung, SPBU yang menerapkan self service baru bejumlah dua, itupun baru terbatas bagi kendaraan roda dua, sementara untuk roda empat masih mengandalkan operator dalam proses pengisian.

Sales Area Menejer Retail Pertamina Bandung Sylvia Grace Yuvenna mengatakan, masalah utama belum banyaknya SPBU self service di Bandung dikarenakan keterbatasan dana.

"Investasinya lumayan besar, karena butuh dispenser baru," tutur Sylvia saat meresmikan SPBU self service di Baleendah, Senin (17/2/2020).

Selain itu, dibutuhkan space yang lumayan besar jika sebuah SPBU akan menerapkam self service. Mengingat harus menyediakan tempat untuk proses pemesanan.

AYO BACA : Self Service di SPBU Jalan Raya Banjaran

Padahal kata Sylvia, dengan self service bisa mengurangi antrean kendaraan saat mengisk BBM.

"Lebih efektif. Kan tidak butuh operator, jadi waktu akan lebih cepat," ujarnya.

Dia mengakui jika butuh waktu bagi konsumen untuk bisa mengisi BBM sendiri. Namun, dalam satu dispenser, bisa langsung melayani 4 kendaraan sehingga jumlah kendaraan yang dilayani bisa lebih banyak dibanding penjualan BBM dilayani oleh operator.

"Kan satu dispenser itu bisa ada 4 selang. Jadi bisa sekaligus, kalau  pakai operator paling dilayani dua orang, harus antri dulu," katanya.

Disinggung mengenai keberadaan SPBU self service akan mengurangi jumlah pegawai, Sylvia mengatakan hal tersebut tidak akan berpengaruh terlalu banyak.

"Operator bisa dipindah ke bagian lain. Tidak akan mengurangi jumlah pegawai," tutupnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar