Yamaha

Ada Semangat Akhiri Dinasti di Kabupaten Bandung

  Senin, 17 Februari 2020   Mildan Abdalloh
Ilustrasi Pilkada Serentak 2020. (Ayobandung.com/Attia Dwi Pinasti)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Sejumlah partai tengah melakukan penjaringan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung. Dari partai pengisi parlemen, hanya PKB yang belum melakukan penjaringan.

Direktur Eksekutif Lingkar Kajian Komunikasi dan Politik (LKKP) Adiyana Slamet mengatakan, berlomba-lombanya partai melakukan penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati, menjadi sebuah pertanda kalau di Kabupaten Bandung muncul semangat perubahan untuk mengakhiri politik dinasti.

"Situasi ini menjadi tolok ukur adanya semangat perubahan untuk mengakhiri politik dinasti," ujar Adiyana, Senin (17/2/2020).

Dari penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati, muncul nama-nama baru, baik dari kalangan politisi, aktivis, olahragawan sampai artis.

AYO BACA : KPK Waspadai Politik Dinasti

"Menjadi menarik jika dikaji secara seksaama. Figur-figur baru muncul karena setidaknya ada keinginan perubahan dan mengakhiri politik dinasti yang sudah ada puluhan tahun ini," ujarnya.

Dengan munculnya nama baru dan semangat perubahan yang terbangun, akan menjadi angin segar bagi masyarakat pro perubahan.

"Sebenarnya ini angin segar bagi masyarakat Kabupaten Bandung yang pro perubahan. Memang pada akhirnya masyarakat akan semakin sadar. Hadirnya figur-figur baru ini tentu saja tidak terlepas dari keluh kesah masyarakat itu sendiri selama dipimpin oleh kepala daerah dari partai yang sudah cukup lama berkuasa," paparnya.

Terlebih sepengamatannya, peta politik di Kabupaten Bandung selalu sepi dari pendatang baru.

Beberapa figur yang kini muncul untuk maju pada kontestasi Pilkada 2020 di Kabupaten Bandung juga memiliki bekal pengalaman untuk menjadi kepala daerah yang baik. Sebab, figur-figur bakal calon bupati yang muncul tersebut memiliki beberapa latar belakang yang mumpuni untuk memajukan Kabupaten Bandung.

AYO BACA : KPK: Jangan Pilih Pemimpin dari Dinasti Politik

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar