Yamaha

Terbukti, Olahraga Sebelum Sarapan Mampu Bakar Lemak Lebih Banyak

  Senin, 17 Februari 2020   Rizma Riyandi
Ilustrasi (pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Apa yang harus dilakukan lebih dulu di pagi hari, sarapan atau olahraga? Hal ini masih menjadi perdebatan selama bertahun-tahun.

Kelompok pertama mengatakan, sarapan sebelum berolahraga mampu meningkatkan gula darah dan memberi kekuatan pada tubuh saat akan melakukan olahraga. Selain itu, sarapan juga membuat kita tidak mudah merasa lelah dan pusing.

AYO BACA : 3 Manfaat Minum Air Dingin Usai Olahraga, Bisa Bantu Diet?

Namun di sisi lain, kelompok lainnya berpendapat bahwa berolahraga dalam keadaan perut kosong ampuh membakar lemak lebih cepat dan juga lebih banyak.

Sebuah penelitian kecil di Inggris mengungkapkan bahwa mereka yang berolahraga sebelum sarapan, berhasil membakar lemak dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang sarapan terlebih dahulu.

AYO BACA : 6 Olahraga Terbaik Menurut Sains, Ada Berjalan dan Lompat Tali

Hal tersebut dikarenakan, ketika berolahraga dalam keadaan perut kosong, tubuh dipaksa untuk beralih menggunakan karbohidrat yang tersimpan. Kondisi ini membuat karbohidrat menjadi sel-sel lemak yang terbakar.

Sayangnya, meskipun ampuh membakar lemak dua kali lipat lebih banyak, berolahraga sebelum sarapan tidak mempengaruhi angka penurunan berat badan. Meskipun demikian, dari hasil penelitian tersebut terungkap bahwa berolahraga sebelum sarapan memberikan dampak positif terhadap kesehatan tubuh.

Melewatkan makan sebelum berolahraga, membuat otot lebih responsif terhadap insulin yang mengontrol gula darah tinggi, sehingga mampu mengurangi risiko penyakit seperti penyakit diabetes dan penyakit jantung.

"Kelompok yang berolahraga sebelum sarapan meningkatkan kemampuan mereka untuk merespon insulin yang jauh lebih luar biasa, mengingat bahwa kedua kelompok tersebut kehilangan jumat berat badan yang sama dan keduanya pun mendapatkan jumlah kebugaran yang sama," ungkap Ahli Fisiologi Olahraga, Javier Gonzales, dilansir dari CNN, Jumat (18/10/2019).

Selain itu, sebuah studi pada 2017 dari University of Bath, yang juga ditulis bersama oleh Gonzales, menemukan hasil yang serupa. Yakni, kadar gula darah yang lebih rendah setelah berpuasa mampu membakar lemak lebih banyak.

AYO BACA : 5 Rekomendasi Olahraga saat Musim Hujan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar