Yamaha

Pelatih Persib Eksperimen Formasi Demi Komposisi Terbaik Liga 1 2020

  Minggu, 16 Februari 2020   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts memberikan instruksi kepada skuat Persib dalam sesi latihan. (Ayobandung.com)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts mengaku, puas melihat anak asuhnya tampil kerja keras saat meladeni Persis Solo pada pertandingan uji coba di Stadion Manahan, Surakarta, Sabtu (15/2/20). 

Meksi unggul 2-0 atas Persis Solo, Robert senang lantaran skuat Maung Bandung bisa mendapatkan lawan tangguh seperti Persis selebum turun dalam kompetisi resmi musim 2020. Tak tanggung-tanggung tim berjuluk Laskar Samber Nyaw itu sempat beberapa kali mampu merepotkan lini pertahanan Persib dan bermain agresif.

"Persis juga bermain dengan bagus. Sepak bolanya cepat, banyak pergerakan dan agresif dan itu yang dibutuhkan kami dari lawan. Secara keseluruhan memang kualiltas dari pemain saja yang membedakan, karena kami bisa menuntaskan peluang yang ada  dan Persis gagal memanfaatkan kesempatan yang mereka miliki," kata Robert.

AYO BACA : Ditonton Jokowi saat Lawan Persis Solo, Pelatih Persib Merasa Terhormat

Kendati demikian, pelatih asal belanda itu tak menampik, masih ada celah kelemahan dari pertahanan timnya saat meladeni Persis Solo. Beberapa kali, pertahanan Maung Bandung mendapat tekanan berbahaya dari Laskar Samber Nyawa. Salah satu peluang matang Persis Solo melalui tendangan yang sempat membentur tiang gawang I Made Wirawan.

Di laga tersebut Persib memang tidak menurunkan skuat utamanya. Robert melakukan eksperimen kembali dengan melakukan perombakan pada susunan starter di pertandingan. 

Di laga itu, lini pertahanan Persib diisi duet bek tengah yang belum pernah dipasangkan yaitu Fabiano Beltrame dan Henhen Herdiana. Sedangkan Mario Jardel dan Zalnando menjadi pendamping di posisi bek sayap.

AYO BACA : Robert Alberts Beberkan Kelemahan Skema Tiga Bek Persib

Di lini tengah, pelatih berusia 64 tahun itu menurunkan trio gelandang, yakni Kim Kurniawan, Abdul Aziz dan Beckham Putra. Sementara di barisan lini serang, Robert memasang Ghozali Siregar, Beni Oktavianto dan Zulham Zamrun.

Robert mengatakan, perombakan ini sengaja dilakukan untuk mencari komposisi terbaik untuk kompetisi Liga 1 2020. Karena itu, Robert ingin membiasakan seluruh pemainnya untuk bermain penuh selama 90 menit.

"Hari ini kami bermain dengan satu tim dan Senin kami akan bermain dengan tim lainnya. Jadi pemain yang lain hanya akan berlatih di belakang. Itu karena tujuan kami adalah semua 26 pemain yang kami miliki mendapat menit bermain dan kesempatan tampil selama 90 menit di pramusim karena itu memungkinkan," katanya.

"Ini sudah kami lakukan pekan lalu ketika memainkan latih tanding dengan satu tim, setelah itu memainkan latih tanding berikutnya dengan tim yang lain. Jadi kami mencoba pemain tampil 90 menit dan adil untuk semuanya," katanya.

Selain itu, Persib bakal meladeni tantangan PSS Sleman sebelum mengarungi kompetisi yang dimulai pada 29 Februari nanti. Usai laga uji coba terakhir nanti, Robert mengatakan, baru akan menentukan skuat inti untuk Liga 1 2020.

"Karena itu kami mengagendakan satu lainnya hari Senin (melawan PSS). Saya juga bisa menentukan siapa yang ideal untuk menjadi starter reguler di liga nanti. Itu yang saya inginkan dari dua uji coba ini karena total kami memiliki 26 pemain di dalam skuat, 23 pemain outfield dan 3 kiper, semua punya kans untuk bermain," ujarnya.

AYO BACA : Robert Alberts Beberkan Kekurangan Persib Jelang Liga 1 2020

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar