Yamaha

PSG Jadi Klub dengan Finansial Terkuat di Dunia

  Jumat, 14 Februari 2020
Skuat PSG. (france24.com/AFP)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Paris Saint-Germain (PSG) menjadi klub terkuat secara finansial dalam sepak bola dunia berdasarkan laporan akhir tahun soccerex Football Finance 100. Mereka mengalahkan klub papan atas Inggris Manchester City yang duduk di posisi kedua.

Dilansir dari RTE, Jumat (14/2/2020), PSG memuncaki laporan edisi tahun 2020 dengan skor indeks keuangan sepak bola 5,318. Skor tersebur didasarkan atas aset berwujud, keuangan di kas mereka, investasi, dan utang yang dimiliki PSG.

Dari laporan tersebut disebutkan PSG mampu mengurangi utang 70 juta Euro pada tahun lalu. Sedangkan City justru menambah utang 90 juta euro.

Raksasa Bundesliga, Bayern Muenchen menduduki posisi ketiga. Sedangkan Tottenham Hotspur dan Real Madrid melengkapi lima besar. Posisi Manchester United turun ke urutan ke-16 dari sebelumnya urutan kedelapan.

Hal tersebut dikarena utang MU mengalami peningkatan serta nilai skuatnya yang menurun. Klub-klub besar Eropa menguasai hampir 80 persen sebagai tim terkuat.

Tetapi sebesar 30 persen, tim-tim besar dimiliki oleh individu atau kelompok non-Eropa. Seperti dari Timur Tengah, Amerika Utara dan Asia Tenggara.

AYO BACA : Mbappe Adu Mulut dengan Pelatih PSG

"Laporan tahun ini melukiskan gambaran positif dari kesehatan keuangan kolektif sepak bola. Tetapi juga menyoroti ketidakseimbangan yang tumbuh antara kekuatan elite Eropa dalam beberapa merk warisan permainan," kata Direktur Pelaksana Soccerex Philip Gegan.

Gegan mengatakan, terlepas dominasi Eropa, sepak bola adalah olahraga global dengan investasi dari berbagai pihak. Ini yang dapat membuat olahraga ini berkembang.

Liga Inggris menyumbang 18 tim dalam peringkat 100 besar. Sedangkan Liga Utama AS menyumbangkan 17 tim.

Los Angeles merupakan tim teratas dari MLS di peringkat tersebut yaitu diperingkat ke-18. Mereka unggul dari LA Galaxy di peringkat 22.

10 tim sepak bola dengan finansial terkuat:

1 Paris Saint-Germain

AYO BACA : Neymar Ingin Raih Trofi Liga Champions bersama PSG

2 Manchester City

3 Bayern Muenchen 

4 Tottenham Hotspur

5 Real Madrid

6 Arsenal

7 Chelsea

8 Liverpool

9 Juventus

10 Borussia Dortmund 

AYO BACA : PSG Bajak Pep Guardiola dari Manchester City?

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Republika.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar