Yamaha

Gigi Berlubang Sebabkan Berbagai Penyakit, Termasuk Sinusitis

  Jumat, 14 Februari 2020
[Ilustrasi] Mencabut gigi. (Pixabay)

MEDAN, AYOBANDUNG.COM -- Gigi yang berlubang sejak usia dini ternyata bisa menyebabkan penyakit lainnya seperti sinutitis dan gangguan asupan gizi.

"Gigi berlubang dapat menyebabkan sinusitis, asupan gizi terganggu, bahkan penderita yang sedang mengandung bisa mengganggu kesehatan janinnya," ujar drg Aflah Triana di Medan, Kamis (13/2/2020), seperti diberitakan Republika.co.id.

Gigi berlubang menimbulkan bakteri pada mulut penderita. Hal ini membuat timbulnya penyakit lainnya. Untuk itu, pemeriksaan dan perawatan gigi harus dimulai sejak usia dini.

AYO BACA : Tidak Sikat Gigi Sebelum Tidur Bisa Merusak Senyum Indahmu

Pemeriksaan kesehatan gigi sudah bisa diberikan kepada anak usia 3 tahun. Pemeriksaan gigi sebaiknya rutin dilakukan atau setiap 6 bulan.

Dokter lainnya, drg Suwita, menyebutkan, hingga dewasa ini, kesadaran masyarakat untuk merawat kesehatan gigi ke dokter masih sangat rendah. Kesadaran yang rendah itu juga menular ke generasi muda.

Untuk mengenali gigi berlubang, berikut tanda umum yang muncul.

AYO BACA : Harmonika Tersangkut di Mulut, Gadis Ini Dilarikan ke Rumah Sakit

1. Sakit Gigi

Ketika gigi berlubang, gigi akan terasa sakit. Penyakit ini biasanya disebabkan kerusakan akibat asam. Asam bisa merusak enamel gigi seiring waktu. Kerusakan pun secara perlahan terjadi. Proses kerusakan gigi ini biasanya menyakitkan.

2.Gigi Terasa Sensitif

Kemudian, gigi terasa sensitif. Jika Anda punya gigi sensitif sejak lahir maka hal ini biasa saja. Namun, jika gigi Anda baru-baru ini terasa sensitif terhadap makanan dingin, manis, atau panas, bisa saja disebabkan oleh gigi berlubang.

AYO BACA : Cabut Gigi Sembarangan Sebabkan Kebutaan?

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Republika.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar