Yamaha

6 Bos Akumobil Jalani Sidang Perdana

  Kamis, 13 Februari 2020   Faqih Rohman Syafei
Penyegelan kantor Akumobil. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Sebanyak enam terdakwa kasus dugaan penipuan Akumobil menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri (PN) Kelas I A Bandung, Kamis (13/2/2020).

Keenamnya, yakni Bryan Jhon Satya Andristian, Nurul Husni Farid, Alief Al-Yasyien, Firman Rakhman, Ridwan Sadewa, dan Mumammad Idris.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Bandung, Melur Kimaharandika mengatakan mereka di dakwa telah melakukan penipuan dengan mengiming-imingi kendaraan murah kepada para korbannya.

"Atas perbuatan terdakwa, maka sebanyak 1.342 konsumen Akumobil dan 418 konsumen Akumotor mengalami kerugian sebesar Rp101,6 miliar dan Rp380 juta," ujar, Kamis (13/2/2020).

AYO BACA : Berkas Perkara 5 Direktur Akumobil Telah Rampung

Melur menyebutkan perusahaan Akumobil didirikan dengan modal kurang lebih Rp12 juta, akan tetapi pada akte pendirian tertera sebesar Rp10 miliar yang ditempatkan dalam bentuk saham.

Untuk memperkenalkan produknya, lanjut dia mereka melaksanakan rencana mereka untuk menjual kendaraan berupa mobil dan motor yang harga jualnya lebih murah daripada di dealer. 

"Mobil di jual Rp60 juta walaupun di beli dari dealer seharga Rp130 juta. Mereka menjualnya dengan mengadakan acara di jual beli mobil dan motor di beberapa tempat," katanya.

Atas perbuatan tersebut, keenamnya di jerat dengan Pasal 378 Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP. Selain itu, di dakwa juga dengan Pasal 372 Jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP Juncto Pasal 64 ayat 1 KUHP.

AYO BACA : Akumobil Wajib Kembalikan Dana Konsumen Rp70 Miliar

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar