Yamaha

ASN Kabupaten Bandung Diduga Ikut Kegiatan Partai Politik

  Kamis, 13 Februari 2020   Mildan Abdalloh
Ilustrasi Pilkada Serentak 2020. (Ayobandung.com/Attia Dwi Pinasti)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bandung mendalami dugaan keterlibatan seorang ASN dalam kegiatan partai politik.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bandung Januar Solehudin mengatakan pada 2 Februari, salah satu partai politik menggelar kegiatan di Kecamatan Ibun.

AYO BACA : Tidak Netral Saat Pilkada, ASN Kab Bandung Bisa Terkena 2 Sanksi

Dalam kegiatan tersebut, Panwascam setempat menemukan seorang pejabat dinas pendidikan turut hadir.

"Kami menindaklanjuti kasus dugaan keterlibatan seorang ASN bernama SK dalam kegiatan partai politik," tutur Januar, Kamis (13/2/2020).

AYO BACA : 60 Ayat Pelanggaran Pilkada Intai ASN

Sesuai dengan aturan, ASN tidak diperkenankan turut serta dalam kegiatan partai politik.

"Dugaan pelanggaran tersebut telah kami tindak lanjuti, yakni dengan memanggil terduga. Namun yang bersangkutan tidak hadir memenuhi panggilan," ujarnya.

Dalam menindak lanjuti temuan tersebut, Bawaslu meminta keterangan dalam proses klarifikasi terhadap dugaan pelanggaran itu. Dan setelah dilakukan klarifikasi akan dilanjutkan kepada proses pembahasan.

Menurut Januar, dalam proses pembahasan nanti akan dilihat apakah pada keterangan yang disampaikan saudara terduga dan fakta yang terjadi telah termasuk unsur pelanggaran atau tidak.

"Sesuai dengan PP 42/2004 pada pasal 11 huruf c menjelaskan bahwa ttika terhadap diri sendiri meliputi menghindari konflik kepentingan pribadi, kelompok, maupun golongan," katanya.

AYO BACA : Sekda Harap Tak Ada ASN “Setor” ke Calon Bupati untuk Pilkada

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar