Yamaha

5 Penyebab Kuku Rapuh dan Cara Merawatnya

  Jumat, 14 Februari 2020
Ilustrasi kuku. (Shutterstock)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Kuku yang rapuh atau mudah patah mungkin bukan suatu permasalahan medis serius, Tetapi, kondisi ini membuat tidak nyaman.

Karena itu, kuku membutuhkan kutikula di sekitarnya untuk memperkuatnya atau tidak mudah patah. Patricia Boland, seorang spesialis kulit lantas memberi saran tentang menumbuhkan dan memperkuat kuku.

Berikut 5 penyebab kuku rapuh dan cara merawatnya seperti saran Patricia Boland, dilansir dari Daily Star:

1. Penghapus cat kuku

Kuku yang rapuh bisa karena produk penghapus cat kuku yang digunakan. Karena, penghapus cat kuku bisa membuatnya lebih kering dan mengurangi kelembapan.

Sehingga kuku akan lebih rapuh dan lemah. Anda harus menghindari aseton dalam penghapus cat kuku yang bisa mengeringkan kuku.

2. Kekurangan zat besi

Kuku rapuh bisa menyebabkan kurangnya kadar zat besi dalam tubuh dan penyakit anemia. Karena, zat besi membantu membentuk hemoglobin, yakni sebuah molekul yang mengangkut sel darah merah dengan oksigen ke dalam kuku.

3. Dehidrasi

Kurang dehidrasi tidak hanya menyebabkan sejumlah masalah medis, tetapi juga kuku yang rapuh. Ahli perawatan kulit menyarankan seseorang minum air 9 cangkir sehari untuk membuat tubuh tetap terhidrasi.

4. Kurang pelembab

Cara lain untuk mengatasi kutikula tetap terhidrasi adalah menggunakan krim tangan atau pelembab setiap hari. Karena, kuku membutuhkan kelembaban dari dalam dan luar.

5. Sering terkena air

Rutin mencuci tangan memang sangat penting, tetapi pastikan jangan pernah mencuci tangan berlebihan atau merendamnya dalam waktu lama. Karena, sabun dan air bisa mengeringkan kuku dan menyebabkan kerusakan.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar