Yamaha

Terlantarkan Kendaraan Dinas, Bapenda Jabar Bisa Diperiksa Kejaksaan

  Kamis, 13 Februari 2020   Mildan Abdalloh
Mobil-mobil dinas mangkrak di Carrefour Kiaracondong, Kota Bandung. (dok. Ayobandung.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM --  Aparat penegak hukum dinilai bisa melakukan pemeriksaan terhadap instansi pemerintah yang menelantarkan kendaraan dinas. Sebagaimana diketahui, sejumlah kendaraan dinas milik Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Barat (Jabar) telah ditemukan mangkrak hingga berdebu di tempat parkir Carrefour Kiaracondong, Kota Bandung.

Direktur Eksekutif Center for Budget Analysis Uchok Sky Khadafi mengatakan, membiarkan kendaraan dinas di tempat parkir dalam waktu yang lama bisa berpotensi merugikan negara.

"(Kendaraan Dinas) itu aset yang harus dijaga dan dipelihara oleh instansi. Kalau ditelantarkan seperti itu akan mengurangi nilai aset," tutur Uchok kepada Ayobandung.com, Kamis (13/2/2020).

Bahkan menurutnya, hal tersebut berpotensi menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) saat melakukan pemeriksaan. "Kalau ada kesengajaan dalam kerugian negara, bisa jadi temuan BPK dan kejaksaan bisa masuk untuk menangani kasus tersebut," ujarnya.

Uchok juga mendorong kejaksaan untuk melakukan penyelidikan terkait adanya kendaraan dinas milik Bapenda Jabar yang dibiarkan dalam waktu lama di tempat parkir milik swasta. Terlebih, kata dia, memarkir kendaraan di tempat tersebut pastinya ada anggaran yang dikeluarkan untuk sewa.

"Kalau ada unsur kesengajaan, Kejaksaan harus turun menyelidiki. Itu aset yang dibeli dari uang rakyat, jadi harus dipelihara dan ada pertanggung jawaban," ujarnya.

Selain di Bapenda Jabar, ia meminta penyelidikan juga dilakukan di instansi lain. "Di instansi lain juga bisa saja seperti itu," tutupnya.

AYO BACA : Mobil Dinas Mewah Bapenda Jabar Mangkrak di Carrefour Kircon

Sebelumnya, sebanyak empat mobil berplat nomor merah ditemukan terparkir di Carrefour Kiaracondong, Kota Bandung. Keempat mobil tersebut kondisinya seperti tidak terurus.

Berdasarkan pantauan Ayobandung.com, pada Sabtu (8/2/2020), keempat mobil berwarna hitam itu terdiri dari tiga jenis minibus dan satu sedan. Plat nomor keempatnya yakni D 45 C, D 587 E, D 315 F, dan D 378 C.

Keempatnya berada di bagian pojok belakang area parkir Carrefour, dan tidak jauh dari area parkir motor dan mobil milik pengunjung.

Dilihat dari kondisinya, bagian atas mobil sudah ditutupi debu yang cukup tebal. Selain keempat mobil tersebut, terdapat juga sejumlah mobil lainnya sejenis hiace atau elf berwarna putih yang terparkir.

Pada area parkir itu, ada plang bertuliskan "Parkir Pegawai Bapenda dan Samsat". Terdapat juga dua mobil truk boks berjejer didekat plang tersebut.

Ketika dikonfirmasi, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Barat Hening Widiatmoko membenarkan keberadaan keempat mobil tersebut. Menurutnya, keempat mobil itu merupakan mobil dinas milik Bapenda Jawa Barat.

"Itu mobil dinas milik Bapenda yang memang menyewa tempat parkir di situ," ujarnya saat dikonfirmasi, Senin (10/2/2020).

Pada Rabu (12/2/2020), Ayobandung.com kembali mendatangi lokasi parkir Carrefour Kiaracondong dan mobil-mobil dinas tersebut sudah tidak lagi terparkir di sana. Belum diketahui ke mana keempat mobil itu dipindahkan.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar