Yamaha

Mobil Dinas Mewah Bapenda Jabar Mangkrak di Carrefour Kircon

  Rabu, 12 Februari 2020   Faqih Rohman Syafei
Mobil-mobil dinas mangkrak di Carrefour Kiaracondong, Kota Bandung. (Ayobandung.com)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM -- Sebanyak empat mobil berplat nomor merah ditemukan terparkir di Carrefour Kiaracondong, Kota Bandung. Keempat mobil tersebut kondisinya seperti tidak terurus.

Berdasarkan pantauan Ayobandung.com, pada Sabtu (8/2/2020), keempat mobil berwarna hitam itu terdiri dari tiga jenis minibus dan satu sedan. Plat nomor keempatnya yakni D 45 C, D 587 E, D 315 F, dan D 378 C.

Keempatnya berada di bagian pojok belakang area parkir Carrefour, dan tidak jauh dari area parkir motor dan mobil milik pengunjung.

Dilihat dari kondisinya, bagian atas mobil sudah ditutupi debu yang cukup tebal. Selain keempat mobil tersebut, terdapat juga sejumlah mobil lainnya sejenis hiace atau elf berwarna putih yang terparkir.

Pada area parkir itu, ada plang bertuliskan "Parkir Pegawai Bapenda dan Samsat". Terdapat juga dua mobil truk boks berjejer didekat plang tersebut.

Ketika dikonfirmasi, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Barat Hening Widiatmoko membenarkan keberadaan keempat mobil tersebut. Menurutnya, keempat mobil itu merupakan mobil dinas milik Bapenda Jawa Barat.

"Itu mobil dinas milik Bapenda yang memang menyewa tempat parkir di situ," ujarnya saat dikonfirmasi Ayobandung.com, Senin (10/2/2020).

Dia menjelaskan, pihaknya sengaja menempatkan sejumlah mobil operasional di area parkir Carrefour Kiaracondong, karena keterbatasan lahan parkir di Kantor Bapenda Jawa Barat. Selain itu, penempatan tersebut juga guna melindungi aset Bapenda Jawa Barat dari kerusakan.

"Parkiran di Bapenda tidak mencukupi, Bapenda memilih menyewa tempat parkir di situ karena lebih terlindung dari hujan dan panas," terangnya.

42wuy24u2u4

Mobil-mobil dinas mangkrak di Carrefour Kiaracondong, Kota Bandung. (Ayobandung.com)

Mobil-mobil tersebut, lanjut Hening, merupakan pengadaan lama dan sebagian disiagakan untuk digunakan sebagai kendaraan operasional. Dia mengaku mobil-mobil itu sudah ada sebelum dia dimutasi menjadi Kepala Bapenda Jawa Barat.

"Mobil-mobil tersebut sisa pengadaan jauh sebelum saya mutasi ke Bapenda, sehingga peruntukkannya untuk operasional. Sebagian memang akan difungsikan lagi, tapi ada yang sudah harus dihapuskan karena sudah lebih dari 10 tahun usianya," katanya.

Ia menambahkan, saat ini Bapenda Jawa Barat tengah mengupayakan untuk melelang sebagian dari mobil-mobil tersebut. Alasannya, jika tetap digunakan akan memakan biaya operasional yang relatif tinggi dan berisiko di jalan.

"Mobil-mobil kayak gitu harus dihapuskan, penghapusan panjang (prosedurnya). Kalau itu dipakai biaya operasionalnya lebih mahal. Di lelang, itu yang sedang kita tempuh," ucap Hening.

Pada Rabu (12/2/2020), Ayobandung.com kembali mendatangi lokasi parkir Carrefour Kiaracondong dan mobil-mobil dinas tersebut sudah tidak lagi terparkir di sana. Belum diketahui ke mana keempat mobil itu dipindahkan.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar