Yamaha

Longsor Timbun 10 Rumah di Bandung Barat, Ratusan Warga Mengungsi

  Rabu, 12 Februari 2020   Tri Junari
Longsor timbun 10 rumah di Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (11/2/2020). (Ayobandung.com/Tri Junari)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM --
Bencana longsor dan pergerakan tanah menimbun 10 rumah di Kampung Hegarmanah, RT 03 RW 04, Desa Sukatani, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Selasa (11/2/2020), sekitar pukul 21.00 WIB. 

Tidak ada korban jiwa dalam bencana ini, namun dampak longsor dari bukit di pinggir Jalan Tol Purbaleunyi KM 118 itu mengancam 80 rumah, menimbun 3 hektare sawah, dan 4 kolam ikan. 

Terdata 1 rumah tenggelam dan 9 lainnya rusak yang sebagian terdorong material longsor. Sebanyak 80 kepala keluarga dengan 240 jiwa mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Dudi Prabowo menerangkan, dari 10 rumah yang tertimbun, 1 rumah yang diketahui milik Jajang (50), terendam material longsor berupa tanah persawahan.

Menurut pantauan Ayobandung.com di lokasi kejadian, Rabu (12/2/2020) pagi, 1 bangunan rumah permanen tenggelam dalam longsoran. Pemiliknya masih berupaya mencari barang dan surat berharga yang tertimbun.

Sejumlah bangunan rumah juga nampak rusak berat dan jebol pada bagian dapur. Para pemilik rumah berupaya memindahkan barang yang masih bisa diselamatkan.

Kapolres Cimahi AKBP Yoris Maulana Yusuf Marzuki menerangkan, analisis terakhir pergerakan tanah diduga akibat tertimbunnya saluran air di bawah jalan Tol Cipularang KM 118.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar